Bupati Tubaba Himbau ASN Tingkatkan Pelayanan Publik

MENARAnews, Tubaba (Lampung) – Mengawali hari pertama masuk kerja, pasca cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah tahun 2017, seluruh pegawai baik PNS ataupun Tenaga Honorer di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat mengikuti Apel Gabungan, Senin (3/7/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Pembina Apel yaitu Sekda Tubaba menyampaikan bahwa berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), menuntut Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak sekadar melayani masyarakat, melainkan lebih berorientasi pada pelayanan kepentingan publik yang berdasarkan pada aturan teknis dan profesionalitas.

“Paradigma penyelenggaraan pemerintahan sudah banyak berubah. Mulai dari manajemen kepegawaian hingga tupoksi pelayanan publik yang harus lebih ditingkatkan lagi,” tegas Bupati Tubaba Umar Ahmad, dalam sambutan tertulisnya, yang disampaikan Sekdakab Herwan Sahri, di Halaman Kantor Bupati setempat, Senin (3/7/2017).

Saat ini, ungkap bupati, PNS dituntut bekerja inovatif, kreatif, arif, dan berintegritas. Tuntutan pencapaian tersebut sebagai wujud dari implementasi dari reformasi birokrasi yang sedang diterapkan pemerintah pusat.

“Dalam hal ini, aparatur sipil negara wajib mengembangkan diri mempertanggung jawabkan kinerjanya dalam pelaksanaan manajemen aparatur sipil negara yang telah diatur UU,” ujarnya.

Karenanya, ia mendorong agar jajaran PNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten dapat meningkatkan disiplin dan mempunyai sasaran kerja yang lebih terarah dan terukur. Sebab, pada era persaingan ini birokrasi di semua tingkatan pemerintahan dituntut untuk lebih adaptif dan antisipatif terhadap perubahan yang sedang dan akan terjadi.

“Kini persaingan bukan lagi antar daerah, melainkan sudah memasuki era persaingan antar negara atau global. Makanya, kita harus selalu siap menghadapi persaingan itu. Agar, kinerja pelayanan publik akan lebih baik dan maksimal,” tegasnya.

Dalam melaksanakan tupoksi, menurut bupati, hendaknya setiap aparatur senantiasa mampu memotivasi diri maupun jajaran dibawahnya agar selalu berlomba-lomba meningkatkan kinerja. Bupati berpesan agar seluruh aparatur dilingkungan kerjanya senantiasa menjadi teladan yang baik bagi lingkungannya.

“Setiap pegawai negeri harus menjadi contoh di lingkungannya masing-masing untuk menyongsong berbagai perubahan demi meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat,” pungkasnya.

Usai memimpin apel, sang bupati bersama Wakil Bupati, Fauzi Hasan dan pimpinan SKPD menggelar halal bihalal untuk bersilahturahmi dengan para aparatur dilingkungan kerja Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat. (JE/RZ)

Comments
Loading...