Bupati Pandeglang Setujui Kenaikan Gaji dan Tunjangan Dewan

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Bupati Pandeglang, Irna Narulita menyetujui usulan DPRD Pandeglang perihal kenaikan gaji dan sejumlah tunjangan. Persetujuan itu disampaikan Irna, dalam Rapat Paripurna Pendapat Bupati Terhadap Raperda Inisiatif DPRD Tentang Hak Keuangan dan Administrasi DPRD, Selasa (18/7/2017).

Irna mengatakan, Pemkab menyetujui untuk dilakukan pembahasan lebih lanjut karena usulan yang disampaikan DPRD merupakan amanat dari ketentuan Pasal 178 dan Pasal 299 ayat 2 Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah serta tindak lanjut dari ketentuan Pasal 29 Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 Tentang Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD.

“Intinya saya menghormati usulan inisiatif terkait Hak Keuangan dan Administratif. Dalam rangka pelaksanaan otonomi daerah, anggota DPRD dapat mengajukan usul prakarsa Rancangan Peraturan Daerah,” kata bupati usai rapat paripurna.

Namun demikian, Irna mengutarakan beberapa hal yang perlu dicermati dan diperhatikan. Pertama soal ketentuan pengaturan pengelompokan kemampuan keuangan daerah untuk dasar acuan pemberian tunjangan komunikasi inisiatif dan tunjangan reses sebagaimana diatur dalam Pasal 8 Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017, perlu menunggu terbitnya peraturan menteri terlebih dahulu.

“Kedua, ketentuan Pasal 12 dan 17 Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017, yang mensyaratkan perlu dipertimbangkannya prinsip efisiensi, efektifitaS, dan kepatutan untuk menyediakan pakaian dinas dan atribut serta asas kewajaran, rasionalitas, dan standar harga setempat dalam penentuan besaran tunjangan perumahan dan transportasi,” paparnya.

Bupati berharap, dengan diajukannya Raperda tersebut, dapat menunjang dan meningkatkan peran serta tanggungjawab DPRD dalam rangka mengembangkan kehidupan demokrasi, menjamin keterwakilan rakyat dalam melaksanakan fungsi, tugas, dan wewenang lembaga.

“Selain itu kami harapkan pula DPRD mengembangkan mekanisme keseimbangan antara DPRD dan Peraturan Daerah, meningkatkan kualitas, produktivitas, kinerja DPRD serta untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan,” terang pemilik akun Instagram @irnadimyati itu. (Kr)

 

Editor: Irdan

Comments
Loading...