Bazda Pandeglang Klaim Minat ASN Menyalurkan Zakat Meningkat

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kabupaten Pandeglang mengklaim jika antusiaa masyarakat untuk menyalurkan zakatnya melalui Bazda mulai meningkat. Hal ini terlihat dari penerimaan zakat fitrah, zakat mal, sedekah dan infaq pada bulan puasa kemarin yang mencapai Rp 800 juta.

Praktis Bazda pun menyebutkan bahwa hal ini berdampak pada peningkatan penerimaan dari tahun lalu sebesar 37.5 persen. Karena nilai tersebut melebihi dari capaian tahun 2016 yang hanya berkisar Rp 500 juta.

Ketua Bazda Pandeglang, Aah Wahid Maulany menyebutkan, dari total capaian sebesar itu, mayoritas disalurkan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN). Dimana memang sebelumnya, Bupati Pandeglang telah mengeluarkan imbauan agar para ASN menyalurkan zakatnya melalui Bazda. Hal itu sejalan dengan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Zakat.

“Terlebih sebelum bulan Ramadan Bazda juga sudah membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dimasing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga ke seluruh sekolah. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan penerimaan zakat,” kata Aah saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (13/7/2017).

Aah menerangkan, untuk memaksimalkan potensi zakat di Pandeglang, pihaknya akan terus melakukan pendekatan ke semua OPD agar pegawainya memanfaatkan Bazda sebagai lembaga zakat yang resmi sesuai amanat Perda.

“Untuk memaksimalkan potensi zakat, sudah dibentuk Unit Pengumpul Zakat dimasing-masing SKPD, kecamatan, kelurahan, hingga sekolah-sekolah,” sebutnya.

Lebih lanjut, mantan Sekda Pandeglang itu mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat, Bazda akan melakukan pendataan terkait potensi zakat yang bisa diterima setiap bulannya. Karena selama ini, potensi itu tidak pernah dilakukan baik oleh Bazda maupun pihak lainnya. Karenanya Aah berharap, pasca inventarisasi potensi zakat nanti, bisa mendongkrak penerimaan zakat.

“Sekarang sedang kami data, besok hari Senin (17/7/17) akan ada rapat evaluasi tentang zakat mal yang sudah tercapai dan bagaimana program untuk kedepan ini. Mudah-mudahan pemasukan tiap bulan ada. Tetapi kan gini ada yang mau di cicil ada juga mau yang sekaligus (per-tahun, pen),” bebernya. (Kr)

 

Editor: Irdan

Comments
Loading...