Banjir, Pemprov Kalteng Tetapkan Status Tanggap Darurat

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Sejak dua hari kemarin, luapan air sungai menggenani ribuan rumah warga di beberapa desa di wilayah Kalimantan Tengah terutama di lima Kabupaten yakni Katingan, Gunung Mas, Murung Raya, Barito Utara dan Kabupaten Kapuas.

Pemerintah Daerah melalui Badan Penanggulan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD dan Damkar) Provinsi Kalteng sudah menetapkan status tanggap darurat sejak Minggu (16/07), khsusunya di dua kabupaten.

“Kabupaten Katingan dan Gunung Mas sejak kemarin sudah ditetapkan status tanggap darurat,” jelas Kepala BPBD dan Damkar Provinsi Kalteng, Syahril Tarigan, Senin (17/07).

Sedangkan untuk tiga daerah yang mengalami bencana seperti Kabupaten Kapuas, Murung Raya dan Barito Utara lanjutnya lagi, masih dalam proses kajian kondisi lapangan.

Sejumlah antisipasi, penanganan bencana dan penyaluran bantuan di wilayah yang mengalami bencana pun terus dilakukan. Pihak BPMD dan Damkar Provinsi Kalteng sendiri katanya, hari ini akan menyalurkan bantuan awal.

“Tim Pemprov Kalteng bersama jajaran Polda Kalteng sudah turun ke lokasi untuk membantu tim yang ada di kabupaten. Dan layanan kesehatan di lapangan sudah berjalan sejak kemarin,” tutupnya.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...