Banjir Katingan, Kodim 1015/Sampit Berikan Upaya Bantuan Secara Maksimal

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Pemerintah Daerah bersama Jajaran Kodim 1015/Sampit dan Aparat Kepolisian beberapa hari terakhir ini terus melakukan upaya penanganan terhadap masyarakat Kabupaten Katingan khususnya di Kecamatan Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan yang terkena dampak banjir akibat.

Setidaknya terdapat 385 Rumah di Kecamatan Tewang Sanggalang Garing, dan 480 rumah di Kecamatan Pulau Malan tidak luput dari rendaman air Sungai Katingan dengan ketinggian mencapai 20 cm sampai dengan 60 cm. Menurut informasi yang diperoleh menaranews.com, banjir terjadi sejak, Senin (17/07) kemarin.

Dikarenakan intensitas curah hujan cukup deras dengan intensitas tinggi di hulu sungai, mengakibatkan air meluap dan membanjiri beberapa Desa di Kecamatan Tewang Sanggalang Garing seperti Kelurahan Pendahara, Desa Tumbang Terusan, Desa Tewang Rangkang, Desa Tewang, Menyangen, Desa Terusan Danum, Desa Hampalam, Desa Tewang Rangan dan Desa Tewang Beringin.

Sedangkan di Kecamatan Pulau Malan bajir merendam rumah warga Desa Butut Balo, Desa Tumbang Derayu, Desa Tewang Pepari, Desa Kuluk Bali, Desa Maduing Taheta, Desa Manduing Lama, Desa Tumbang Lawang, Desa Dahian Tunggal, Desa Tewang Karangan, Desa Tumbang  Tanjung, Desa Tumbang Tungku dan Desa Tara.

Sebagai bentuk kesadaran dan semangat perhatian TNI kepada masyarakat, Dandim 1015/Sampit Letkol Inf. I Gede Putra Yasa menyampaikan, jajaran Kodim 1015/Sampit, jajaran Kepolisian di daerah setempat beserta Muspika Kecamatan Tewang Sanggalang Garing serta Perwakilan Persit KCK cabang XLI Kodim 1015/ Sampit langsung melakukan pengecekan posko, Selasa (18/07)..

“Memberikan bantuan berupa Mie Instan 50 dus, beras 20 karung, bantuan sembako 30 dus, dan pakaian 4 koli kepada warga yang mengalami dampak bencana banjir, dan juga memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang sakit,” jelas I Gede Putra Yasa.

Banjir di Kecamatan Tewang Sanggalang Garing dan Kecamatan Pulau Malan Kabupaten Katingan, ujarnya lagi merupakan banjir kiriman yang setiap tahunnya dihadapi oleh warga desa pinggiran sungai DAS KATINGAN.

Dirinya memprediksi, apabila malam ini tidak turun hujan, diperkirakan besok pagi air akan surut secara cepat. Untuk itu ia tak lupa menghimbau kepada masyarakat, apabila debit air meningkat, segera mengungsi ke Posko yang telah disiapkan.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...