APBD Palangka Raya 2018, Legislator : Prioritaskan Infrastruktur Usulan Masyarakat

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Kalangan anggota DPRD Kota Palangka Raya meminta kepada Pemerintah Kota (Pemko) setempat untuk dapat memprioritaskan serta mengakomodir usulan masyarakat mengenai pembangunan infrastruktur yang telah disampaikan pada saat musrenbang maupun reses DPRD.

“Jadi usulan Infrastruktur yang diharapkan masyarakat, seperti  jalan, draenase dan lain sebagainya bisa diakomodir. Terutama dalam rangka penyusunan APBD kota tahun 2018,” ungkap Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Neni A Lambung, Rabu (05/07) di Kantor DPRD Kota Palangka Raya.

Dikatakan dia, banyak usulan masyarakat baik dalam kegiatan musrenbang maupun reses dewan yang sudah bertahun-tahun belum teraliasasi. Oleh sebab itu, diharapkan supaya usulan-usulan masyarakat itu dapat dikomodir karena usulan tersebut sifatnya juga penting dan mendesak.

Lebih lanjut srikandi PDI Perjuangan Kota Palangka Raya itu mengungkapkan, sejauh ini pihak DPRD Kota selalu rutin melaksanakan kegiatan reses yang berhadapan langsung dengan masyarakat konstituen masing-masing. Dimana anggota legislatif juga punya tanggung jawab menyerap aspirasi yang disampaikan masyarakat dan merealisasikannya, meskipun masih banyak aspirasi-aspirasi lain yang sama pentingnya.

“Apa yang menjadi usulan masyarakat mengenai pembangunan infrastruktur, dewan tidak meminta semuanya dipenuhi, tapi paling tidak ada satu atau dua usulan masyarakat itu terakomodir dengan baik. Jangan biarkan aspirasi itu hanya sebatas aspirasi, tapi tidak ada tindak lanjutnya, kan masyarakat yang kasihan,” lanjut Neni.

Lembaga DPRD kata dia merupakan kepercayaan yang diberikan masyarakat kepada pemerintah untuk melaksanakan pembangunan, karena selama ini saat melaksanakan kegiatan reses ke kekelurahan atau kecamatan, masyarakat mengaku sudah jenuh karena sudah bertahun-tahun usulan atau aspirasi masyarakat tidak diakomodir dengan baik.

“Ini tentunya, menyangkut wibawa dan tanggung jawab lembaga DPRD yang mengemban tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan masyarakat. Makanya,  kami ingin memberikan kesan dan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tuturnya.

Karena itu tambah Neni, pada saat pembahasan APBD murni 2018 nanti, pihak DPRD mendorong agar pemko memperhatikan aspirasi dan usulan masyarakat mengenai pembangunan di berbagai sektor, khususnya infrastruktur.

Senada dengan itu, Sekretaris Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Subandi mengatakan, pemko sebaiknya mengakomodir usulan masyarakat dalam APBD 2018, baik dalam kegiatan musrenbang dan juga reses dewan.

“Usulan atau aspirasi itu bisa berupa pembangunan jalan, jembatan dan dreanase yang selama ini menjadi keluhan masyarakat,” pungkasnya.(AF)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...