Ahmad Nur: Program Kampung KB Utamakan Daerah Galcitas

MENARAnews, Demak (Jateng) – Suksesnya program Keluarga Berencana (KB) akan berdampak besar terhadap percepatan ekonomi masyarakat. Untuk itu, perlu keterpaduan antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan stakeholder rangka pembangunan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Asisten Pemerintahan Ahmad Nur Wahyudi, SH.MH dalam acara Pembinaan dan Gasilitasi Kampung KB di Pendopo Kabupaten Demak, Rabu (19/7), menyampaikan bahwa sejauh ini Pemkab Demak telah melakukan berbagai upaya dalam rangka mensukseskan program KB, salah satunya dengan membentuk Kampung KB. Dengan adanya Kampung KB diharapkan agar manfaat program KB dapat dirasakan langsung oleh masyarakat khususnya masyarakat di wilayah dengan berbagai keterbatasan yang tersebar di Kabupaten Demak. “Program KB menyasar penggarapan daerah Galcitas (tertinggal, terpencil, dan perbatasan),” ungkap Wahyudi.

Dirinya juga menyatakan bahwa pembentukan Kampung KB merupakan upaya mendekatkan pelayanan dan pembangunan sektor terintegrasi ke desa-desa atau perkampungan. Sehingga diharapkan dapat mewujudkan pembangunan keluarga yang lebih berkualitas.

Pada kesempatan itu, Nur Wahyudi mengajak kepada seluruh jajaran Dinpermades P2KB untuk selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan seluruh elemen terkait agar program Kampung KB ini berhasil. Termasuk optimalisasi, fasilitasi dan dukungan mitra kerja/stakeholders, semangat serta dedikasi para pengelola program di seluruh tingkatan wilayah, baik itu petugas lapangan meupun masyarakat. “Bekerjalah sepenuh hati, mari kita sukseskan program KB di Kabupaten Demak. Pelaksanaan program KB harus benar-benar fokus. Bila program KB dapat berjalan optimal dan maksimal, maka kesejahteraan masyarakat pun akan semakin meningkat,” pungkas Nur Wahyudi.

Di lain kesempatan, Kepala Dinpermades P2KB Drs. Muhammad Ridwan menjelaskan, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan SDM petugas pelaksana di lapangan (PLKB/PKB dan PPKBD/SKD) agar menjadi petugas yang handal melakukan sosialisasi Kampung KB bagi Kepala OPD dan Camat, pengurus Koalisi Kependudukan dan Fapsedu se-Kabupaten Demak dan merealisasikan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kabupaten Demak.

Dengan adanya kegiatan ini, harap Ridwan, agar terjadi peningkatan kinerja dalam lingkup Dinpermades P2KB Kabupaten Demak, program KKBPK dapat dijalankan dengan baik sesuai dengan target. “Dalam tahun 2017 terbentuk satu kampung KB tingkat dukuh/RW di masing-masing kecamatan. Target tahun 2018, satu dukuh/RW di semua desa se-Kabupaten Demak terbentuk Kampung KB untuk mewujudkan keluarga kecil yang berbahagia sejahtera dan berkualitas,” kata Ridwan menutup penjelasannya.

Di akhir kegiatan, Nur Wahyudi juga menyerahkan PPKBD kepada perwakilan masing-masing kecamatan satu orang. (Nap)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!