Wow… IPDN Bakal Ada Di Palangka Raya

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Kabar Pemerintah Kota (pemko) Palangka Raya untuk mendirikan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ternyata bukan isapan jempol. Bahkan hal tersebut disampaikan langsung oleh Walikota Palangka Raya HM Riban Satia, yang mana pihaknya kini setidaknya telah menyiapkan dua lokasi lahan yang menjadi alternatif sebagai tempat mendirikan bangunan institut tersebut.

“Palangka Raya mendapat restu dari Kemendagri untuk membangun IPDN.  Kami baru-baru ini telah meninjau dua lokasi lahan untuk rencana mendirikan bangunannya,” ungkap Riban Satia, Senin (12/06).

Dikatakan dua lokasi lahan yang menjadi alternatif tersebut yakni di Jalan Tjilik Riwut kilometer 23 dan di Jalan Pariwisata yang berada di kilometer 37 Kecamatan Bukit Batu.

Menurut Riban, dilihat dari sisi strategis, maka alternatif letak lahan di kilometer 23 sangat strategis. Hanya saja kata dia, jika ingin membangun di lokasi tersebut biayanya akan lebih mahal. Karena selain membangun, tanah gambutnya harus lebih dahulu diurug agar keras dan dapat didirikan bangunan.

“Kalau dari pantauan kami, maka alternatif yang di Jalan Pariwisata km 37  lebih ideal karena viewnya menghadap Bukit Tangkiling dan juga di sana ada pendidikan Subud dan lainnya. Sedangkan yang di kilometer 23 itu tanahnya gambut,” terangnya.

Disampaikan, selain rencana menyiapkan lahan untuk pembangunan IPDN, di lain pihak pemerintah kota juga menyiapkan lahan untuk pembangunan gedung Pendidikan dan Latihan (Diklat). Hal tersebut  kata Riban, tidak lain dikarenakan pemko selama ini belum mempunyai gedung diklat sendiri.

“Ada kecenderungan pembangunan lebih mengarah ke kilometer 37. Kalau  yang dikilometer 23 adalah menjadi alternatif cadangan . Semuanya memang aset pemko,” kata Riban lagi.

Sementara terkait targetnya, tambah Riban, pihaknya memang masih belum bisa memastiikan, mengingat saat ini pihaknya sampai dengan tahun 2018 masih terus fokus untuk membangun komplek perkantoran yang terletak di Jalan G Obos X Palangka Raya.

“Jadi penjajakan lokasi terlebih dahulu dan ditawarkan bagi Kementerian, sebagai cikal bakal pembangunan IPDN kelak,” tutupnya.(AF)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...