Warga Mantangai Terima Bantuan Program PKH

MENARAnews, Kuala Kapuas, (Kalteng) – Sebanyak 196 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Mantangai mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap IV Tahun 2016.

Penyaluran bantuan program dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI kepada KPM di Kecamatan Mantangai tersebut, bertujuan dalam rangka  percepatan penanggulangan kemiskinan. Bantuan itu pada, Rabu (7/6/2017), diserahkan langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat di Kecamatan Mantangai.  

Warga Kecamatan Mantangai yang menerima bantuan PKH tersebut terdiri dari 50 KPM dari Mantangai Tengah, 57 KPM dari Mantangai Hilir dan 89 KPM dari Mantangai Hulu yang semuanya sebelumnya telah dilakukan validasi dan verifikasi data di tahun 2016 lalu.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengatakan, Pemkab Kapuas akan tetap memperjuangkan Program Keluarga Harapan untuk diusulkan kepada Kementerian Sosial. Ia berharap di tahun 2018 ada kenaikan bantuan, karena apabila ada kenaikan maka masyarakat penerima manfaat PKH akan semakin sejahtera.

“Saya berharap seluruh kecamatan akan mendapatkan bantuan ini dan semua tergantung dari Bapak Camat dan Bapak Kordinator  PKH untuk melakukan pendataan Program Keluarga Harapan ini,” katanya.

Sementara itu, Kordinator PKH Kecamatan Mantangai Iglasius Yudistira MA mengungkapkan, Program Keluarga Harapan merupakan salah satu strategi penanggulangan kemiskinan yang mana ditujukan kepada keluarga penerima manfaat dengan persyaratan yang terkait dengan upaya peningkatan sumber daya manusia seperti pendidikan, kesehatan dan gizi.

Bantuan yang diberikan merupakan bantuan tunai bersyarat dimana bantuan itu diserahkan kepada warga masyarakat yang memiliki anak yang masih sekolah (SD/SMP/SMA), memiliki Balita, orang tua Lansia umur diatas 70 tahun, penyandang disabilitas berat dan ibu hamil,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, pada tahun 2016 jumlah penerima bantuan PKH Kabupaten Kapuas sebanyak 6.748 KK. Untuk pembayaran tahap IV tahun 2016 disalurkan melalui Kantor Pos seluruh Kabupaten Kapuas dan dilakukan secara komunitas di desa-desa tertentu bagi wilayah yang sulit seperti Kecamatan Mantangai. Adapun total nilai bantuan yang disalurkan sebesar Rp 1,9 miliar lebih. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...