Tunanetra di Medan tadarus Ramadan Pakai Alquran BrailleTunanetra di Medan tadarus Ramadan Pakai Alquran Braille

MENARAnews, Medan (Sumut) – Meski dengan keterbatasan fisik, warga tunanetra di Medan semangat menjalankan ibadah dii Bulan ramadan.

 

Terbukti, antusias mereka saat mengikuti tadarusan di DPD Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Sumut, Jalan Sampul, Medan, kamis (1/6/2017). Mereka mengaji menggunakan Alquran khusus dengan huruf braille.

 

“Kita memang setiap hari kamis di Bulan Ramadan menggelar tadarusan,” kata Wakil Ketua DPD Pertuni sumut Syaiful Bakti Daulay.

 

Untuk jumlah peserta pada tahun ini mengalami peningkatan, yakni 60 orang. Tahun sebelumnya peserta berjumlah 40 orang saja.

 

Peserta dibagi kedalam tiga kelompok. Masing kelompok didampingi satu pengajar ngaji. Semua peserta tampak khusyuk saat membaca ayat-ayat Alquran.

 

Tidak nampak kesulitan berarti bagi para tunanetra saat membaca Alquran.  Puluhan tunanetra di Kota Medan menggelar tadarus Ramadan di Persatuan Tunanetra Indonesia Sumatera Utara.

 

Seluruh peserta menggunakan Alquran yang menggunakan huruf braille. Mereka tampak aktif mengikuti setiap ayat yang dibacakan. Jari – jari mereka tampak lihai meraba satu persatu huruf timbul dalam Alquran khusus itu.\

 

Ternyata tadarusan ini sudah berlangsung rutin selama 10 tahun. Meski begitu Pertuni masih mengalami kesulitan dana. Khususnya untuk transportasi para peserta.

 

“para peserta harus bayar ongkos Rp50 ribu pulang pergi. Kita hanya bisa memberikan Rp20 ribu saja sebagai ganti transportnya,” ujar Syaiful.

 

Hingga saat ini pemerinta belum memberikan perhatian khusus bagi mereka. begitupun para tunanetra ini masih semangat untuk beribadah.

 

“kami berharap pemerintah bisa memperhatikan kami para tunanetra,” pungkasnya. (yug)

Comments
Loading...