Tingkatkan Mutu Pelayanan Pasien, RSUD Sunan Kalijaga Akan Terapkan E-Health

MENARAnews, Demak (Jateng) – Kepuasan adalah memahami kebutuhan pasien dan keinginan konsumen dalam mempengaruhi kepuasan pasien yang merupakan aset yang sangat berharga, karena jika pasien puas mereka akan terus melakukan pemakaian terhadap jasa pilihannya. Namun, jika pasien merasa tidak puas mereka akan enggan kembali untuk memakai jasa tersebut. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan rumah sakit kehilangan kepercayaan sehingga pasien beranggapan bahwa rumah sakit tidak akan menyediakan pelayanan yang dapat memuaskan pasien.

Antrian panjang di loket pendaftaran dan loket farmasi merupakan pemandangan yang lumrah yang terjadi di Rumah Sakit Umum Sunan Kalijaga Demak. Melihat fenomena tersebut pihak RSUD Sunan Kalijaga terus melakukan peningkatan kualitas pelayanan rumah sakit.

dr.Debby Armawati, Sp.M, Direktur RSUD Sunan Kalijaga, saat ditemui di kantornya, Rabu (21/6) menjelaskan, dalam waktu dekat ini pihak Rumah Sakit akan menerapkan sistem elektronik kesehatan (E-Health) untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Sesuai dengan tuntutan pasar layanan kesehatan, sebuah rumah sakit dinilai perlu untuk mengintegrasikan sistem online.

Dengan menggunakan sistem berintegrasi online, proses pendaftaran tidak akan memakan waktu lama karena tidak harus mendatangi beberapa tempat, sehingga tidak mengakibatkan antrian yang cukup panjang yang dapat memberikan kesan tidak nyaman kepada pasien. Hal ini termasuk ketika pasien mengakses fasilitas layanan lainnya seperti e-prescription, yaitu sistem komputerisasi penulisan resep obat. Dimana pada sistem tersebut dokter menuliskan dan mengirimkan resep kepada bagian farmasi/apotek menggunakan media elektronik menggantikan media tangan dan penggunaan media kertas, terang Debby.

Dengan menggunakan sistem seperti ini dalam dunia kesehatan dapat meningkatkan mutu dan kualitas suatu layanan kesehatan, karena dengan menggunakan teknologi ini setiap pekerjaan dapat dikerjakan dengan lebih cepat, teliti dan terencana, tambahnya.

“Yang tidak kalah penting dengan penggunaan sistem ini yaitu beban pengeluaran pihak Rumah sakit semakin berkurang sehingga menambah jumlah pendapatan”, tandasnya. (nap)

 

Sumber: Humas Pemkab Demak

Comments
Loading...