Tingkatkan Kesehatan Masyarakat Melalui Program Gerbang Bebas

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas bakal merealisasikan program “Gerbang Bebas” atau Gerakan Membangun Belum Barasih Barigas (gerakan membangun hidup bersih dan sehat).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Apendi mengungkapkan, program Gerbang Bebas tujuannya untuk meningkatkan kesehatan. Sebab selama ini yang diperhatikan adalah yang sakit saja.

“Sekarang orang yang sehat pun seharusnya dijaga kesehatannya, sehingga harus dipantau setiap saat. Ini agar yang sehat dicegah untuk sakit,” ujarnya di Kuala Kapuas, Selasa (20/6/2017).

Selain itu, program tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja petugas kesehatan yang sedang menjalani kontrak. Diakui Apendi, masih ada petugas kesehatan yang tidak tahu tanggungjawabnya. Apabila ada warga yang sakit, apa yang harus mereka lakukan.

“Kalau terapan saya ini sudah berjalan, maka nantinya saya akan melakukan pengecekan di desa satu-persatu petugas kesehatan kontrak, apakah ini sudah berjalan. Mereka harus punya tanggungjawab masing-masing,” katanya.

Dalam program ini, satu petugas kesehatan tenaga kontrak harus membina dengan melakukan pengecekan atau memeriksa kesehatan sebanyak 50 keluarga masyarakat di satu desa.

“Mengapa petugas kesehatan tenaga kontrak harus melakukan hal itu, agar lebih aktif dalam menjalankan tugasnya sebagai petugas kesehatan, jangan lebih banyak diam. Ilmu yang mereka dapat selama menjadi mahasiswa kesehatan, diharapkan bisa diterapkan maksimal di lapangan,” tutur Apendi.

Lantas, kapan program Gerbang Bebas ini dilaksakan ?. “Kemungkinan pada medio Agustus 2017. Ini merupakan ide saya dan mudah-mudahan bisa diterapkan,” tukasnya. (irf)

Editor: Hidayat 

Comments
Loading...