Tingkatkan Kerjasama Dengan Pelaku Usaha, Natali Asih : Tambah Modal Bank Daerah

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) –Dalam upaya pihak perbankan untuk lebih luas lagi menjaring serta bekerja sama dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan perusahaan-perusahaan besar yang ada di 13 Kabupaten dan 1 Kota se Kalteng, tentu diperlukan pernyataan modal bahkan bantuan anggaran dari Pemerintah Daerah kepada bank milik daerah.

Hal ini disampaikan olehsalah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalteng dari Komisi A, Natali Asih, bahwa hal inilah yang terjadi di wilayah Jawa Timur (Jatim) ketika dirinya melakukan kunjungan ke salah satu bank milik daerah yang ada di sana.

“Dengan pihak sekolah, UMKM, ritel-ritel dan juga perusahaan yang ada di sana, Pemerintah daerah di sana tampaknya memberikan bantuan anggaran yang dipergunakan oleh pelaku usaha dengan bentuk bagi hasil yang sesuai,” jelas Natali Asih kamis (08/06).

Hal tersebut tentunya ditopang dengan Anggaran Daerah yang cukup besar, sehingga selain untuk memberikan modal kepada pihak perbankan milik daerah, pihak perbankan sendiri tentunya juga dapat mengembangkan dana yang diberikan oleh pemerintah daerah Jatim dalam bentuk hibah ke pelaku usaha-usaha yang lain.

Dari hasil pembelajaran yang bisa saja ke depan dapat diimplementasikan oleh Pemerintah Provinsi Kalteng dari apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jatim kepada pelaku usaha di sana, yakni bagaimana para pelaku usaha di Kalteng bisa mendapatkan modal dalam bentuk hibah dari pemerintah daerah.

“Dengan adanya tambahan modal dari Pemerintah Provinsi Kalteng kepada perbankan milik daerah yang ada di seluruh Kabupaten/Kota, sehingga dapat terbentuk kerjasama dengan pelaku-pelaku usaha yang bertujuan dalam rangka peningkatan sumber daya manusia,” paparnya menambahkan.

Bahkan perbankan milik daerah Jatim sendiri melakukan kerjasama ke beberapa sekolah-sekolah berbasis kejuruan, tentu lanjutnya, tidak terlepas dari Dinas-Dinas atau SKPD yang terkait.

“Kita hanya bisa berharap, ada SKPD yang bekerjasama dengan pihak perbankan milik daerah untuk mengembangkan usaha-usaha yang ada di wilayah Kalteng. Kita juga berkeinginan bagaimana bank milik daerah yang ada bisa berperan dalam peningkatan PAD, dengan penambahan modal dari pemerintah daerah,” tutupnya.(arli)

Edito : Hidayat

Comments
Loading...