Tenaga Auditor Kota Masih Kurang Memadai

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Keberadaan tenaga auditor di lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, dinilai belum memadai serta relevan, mengingat jumlah tenaga auditornya yang masih sedikit.

“Peran auditor sangat penting sebagai bentuk pengawasan terhadap kinerja apatur sipil negera (ASN). Kita berharap Pemko bisa menambah tenaga auditor karena selama ini jumlahnya belum ideal,”kata Ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya,” Beta Syailendra.

Dikatakan, selain bertujuan melakukan pengawasan, keberadaan tenaga auditor juga berperan penting dalam.banyak hal kepemerintahan, terutama untuk mengaudit  atau memeriksa apabila ada ASN yang mengalami permasalahan.Tidak sampai disitu saja, tenaga audit  juga membantu pekerjaan pemerintah agar pada setiap permasalahan dapat segera teratasi dengan baik.

Menurut Beta, seperti pada saat Komisi A melakukan kunjungan kerja ke Kabapaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan baru- baru ini, terutama bertandang ke kantor Inspektorat dan Badan Kepegawaian Kabupaten Batola, yang mana tujuan kunker ketika itu adalah untuk menggali informasi, saran dan masukan mengenai pengawasan kepegawaian sesuai dengan aturan baru dalam Perda OPD (organisasi Perangkat Daerah).

Dari kunker tersebut kata Beta, ada beberapa hal yang bisa ditarik pelajaran, yakni mengenai pengawasan bahwa tenaga auditor Batola cukup lengkap yakni sebanyak 13 orang, berbeda dengan Kota Palangka Raya yang masih belum cukup.

“Makanya hal seperti ini, perlu kita contoh agar lebih memaksimalkan kinerja dari inspektotarat. Lihat saja di Batola juga punya satu orang auditor utama. Sejatinya tugas auditor ini cukup penting karena mereka yang melakukan pengawasan di Dinas Inspektorat,” tuturnya.(AF)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...