Stabilkan Harga Jelang Lebaran 2017, Pemprov Kalteng Buka Posko Penetrasi

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Guna menstabilkan harga dan pasokan barang kebutuhan pokok menjelang Lebaran 2017, Pemerintah Provinsi Kalteng direncanakan mulai Sabtu (1706), akan membuka Posko Penetrasi yang dilaksanakan dari berbagai SOPD terkait seperti Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Bulog, BI, Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng, dan Biro Ekonomi.

Rencana tersebut mengemuka pada saat kegiatan rapat Koordinasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kalteng melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalteng yang dihadiri Kementerian Perdagangan RI yang diwakili Kepala Bagian Program Anggaran, dan Pelaporan di Badan Pengawas Produk dan Komoditi Subagio, Jum’at (16/06).

Subagio ketika diwawancarai menyampaikan, seperti biasa menjelang hari raya Idul Fitri atau menjelang hari raya keagamaan lainnya kecendrungan naiknya sejumlah harga komoditi merupakan hal yang rutin terjadi. Menteri Perdagangan RI mencoba melakukan terobosan-terobosan yang sifatnya dapat menstabilkan harga.

“Bagaimana caranya agar komoditi kebutuhan masyarakat menjelang lebaran dan hari-hari keagamaan tetap stabil. Nah upaya yang dilakukan Kementerian Perdagangan RI sendiri yakni melaksanakan program kegiatan pasar murah ramadan yang dilaksanakan di 300 titik di seluruh Indonesia melalui kerjasama mitra usaha,” jelas Subagio.

Kegiatan ini Murni tidak menggunakan uang pemerintah, akan tetapi bagaimana mitra usaha atau pelaku usaha baik itu investor dan semacamnya dapat melakukan kegiatan sosial melalui dana CSRnya untuk membantu masyarakat dalam dalam memberikan kemudahan madapatkan bahan kebutuhan pokok menjelang hari raya.

Tidak hanya itu, Pemerintah Pusat juga tentunya terus membangun komunikasi ke sejumlah stakeholder yang ada bagaimana stok kebutuhan pokok itu tetap ada dalam arti cukup. Bahkan jika ada perusahaan yang nakal akan berhadapan dengan Tim Satuan Tugas (Satgas) Mafia Pangan.

Menurutnya lagi upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng dalam hal menjaga stabilitas harga baik itu melalui penyediaan pasar penyeimbang, adanya kandang penyanggah serta melakukan kontrol harga merupakan langkah yang sangat tepat.

“Itu merupakan salah satu solusi yang sudah sangat tepat menurut saya, karena itu untuk menekan serta menstabilkan harga kebutuhan pokok. Selama pantauan beberapa hari terakhir, harga kebutuhan pokok masih dalam batas yang wajar terutama menjelang lebaran sehingga tidak menimbulkan gejolak harga di pasaran,” tutupnya.(arli)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...