Saat Arus Balik, Utamakan Keselamatan

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Bila sebelumnya suasana arus mudik mewarnai aktifitas masyarakat menjelang tibanya hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H. Kini usai hari lebaran, maka arus balik berangsur-angur mulai mewarnai aktivitas masyarakat. Termasuk mereka yang pulang ke Kota Palangka Raya, baik menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Kondisi rutin yang terjadi saban tahunnya itu mematik perhatian Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia, dimana ia meminta masyarakat lebih berhati-hati dan mengutamakan keselamatan saat melakukan aktifitas pulang kembali ke tempat asal dalam suasana arus balik.

“Kita sudah lakukan arus mudik, lalu ada arus balik. Nah saya berharap warga dalam berkendara bisa lebih waspada dan tentu mengedepankan keselamatan. Baik sendiri maupun keluarga,” ungkap Riban, Kamis (29/6).

Riban menilai berbagai pihak telah mengantisipasi untuk memberikan himbauan kepada para pemudik arus balik, baik menyediakan posko istirahat maupun keamanan. Termasuk pemerintah kota Palangka Raya pun melalui dinas terkait berpartisipasi melakukan pelayanan kepada masyarakat.

“Dinkes sudah sediakan fasilitas ambulan dan tenaga medis, saya harap hal itu bisa membantu. Maka saya ingatkan bila mengantuk silahkan istirahat dan jangan dipaksa berkendaraan,” tuturnya.

Menurut Riban, kelancaran arus transportasi utamanya di jalur darat selama ini, tidak lepas dari kerja keras bersama kepolisian dan TNI dalam melakukan langkah-langkah antisipasi. “Semua aman dan lancar selama arus mudik dan arus balik. Hal ini berkat kerja keras semua pihak,” ungkapnya.

Dia menambahkan bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi harus meningkatkan kewaspadaan. Jangan ngebut-ngebut di jalanan. Berkendara dengan bijak dan hargai pengguna jalan yang lain.

“Perlu menjaga kondisi badan. Saat merasa badan sudah merasa lelah ataupun merasa mengantuk lebih baik beristirahat sejenak. Tidak perlu memaksakan diri,” tegasnya.

Terpenting lagi kata Riban, kondisi kendaraan pun juga harus disiapkan sebelum berkendara. Mulai dari tekanan ban, kondisi mesin dan semua harus dipastikan fit, terutama untuk rem.

“Jangan sampai nantinya kendaraan mogok ditengah perjalanan. Begitu pula untuk pengguna angkutan umum, tidak perlu berpakaian mencolok.Jadi saya minta masyarakat lebih waspada dan utamakan keselamatan bersama,” pungkasnya.(AF)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...