Ribuan Warga Hadiri Bukittinggi Bertakbir

MENARAnews, Bukittinggi (Sumatera Barat) – Ribuan warga Kota Bukittinggi padati area Jam Gadang untuk memeriahkan malam takbiran menyambut Idul Fitri 1438 H, Sabtu malam (24/06). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Kemenag Kota Bukittinggi dan bertajuk “Bukittinggi Bertakbir”.

Hasil pantauan dari Menaranews, sekitar pukul 19.00 WIB, kawasan Pasar Atas dan Jam Gadang telah ramai dengan pengunjung untuk sekedar menikmati keindahan Jam Gadang atau memerihakan acara Bukittinggi Bertakbir. Warga berbagai usia berkumpul di kawasan Jam Gadang Bukittinggi yang notabene sebagai titik keramaian, diiringi kumandang takbir yang berasal dari acara Bukittinggi Bertakbir.

Mengawali sambutan, Ketua PHBI Bukittinggi, Khaidir K. H Tuanku Nan Elok menjelaskan, bahwa dasar terselenggaranya Bukittinggi Bertakbir dilatarbelakangi oleh keputusan Pemerintah Pusat dalam menentukan hari raya Idul Fitri 1438 H.

“Pemerintah Pusat telah menetapkan hari raya Idul Fitri 1438 H jatuh pada 25 Juni 2017. Selain itu, melalui acara ini, akan dimanfaatkan juga untuk memberikan bantuan kepada beberapa fakir miskin”, ucapnya.

Ia menambahkan, bahwa tahun ini Bukittinggi akan menyelenggarakan Shalat Idul Fitri di Lapangan Kantin, Bukittinggi, dimulai pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai. Dalam kesempatan tersebut, pihak yang akan bertindak sebagai Khatib Shalat adalah Presiden Direktur Pendidikan Islam Terpadu Fajar Hidayah Jakarta, Mirdas Eka Yora, Lc., M.Si. Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh dinas terkait dan kawan-kawan dari PHBI yang telah bersama-sama untuk bekerja dan mensukseskan kegiatan Bukittinggi bertakbir.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias mengatakan kegiatan Bukittinggi Bertakbir sudah dilakukan kedua kalinya.

“Ini merupakan kedua kalinya Pemkot Bukittinggi menyelenggarakan Bukittinggi Bertakbir, sebelumnya pada tahun 2016. Selain itu, Pemkot Bukittinggi tidak melarang masyarakat yang ingin melakukan takbir keliling, asalkan menjaga ketertiban dan tidak berlebihan serta tentunya menjaga keamanan,” katanya.

Wako Ramlan juga menjelaskan tentang bantuan yang telah diberikan Pemkot kepada masyarakat Kota Bukittinggi.

“Pemkot Bukittinggi telah membagikan kepada masyarakat Kota Bukittinggi, yaitu pertama dari Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Bukittinggi sebesar 1,2 miliar dan telah dibagikan kepada 3 Kecamatan. Uang BAZ tersebut 80% merupakan zakat pegawai negeri yang diserahkan kepada BAZ. Selain itu, Pemkot telah membagikan 7 Kg minyak goreng dan 5 Kg gula pasir sebanyak 1270 paket kepada 3 kecamatan di Kota Bukittinggi. Pemkot juga telah membagikan uang sebesar 1 miliar kepada Dinas Sosial untuk diserahkan kepada pihak yang membutuhkan,” rincinya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir juga Wakil Walikota Bukittinggi, Ketua DPRD, Kakan Kemenag Bukittinggi, Sekda, Ketua DPRD, Kapolres Bukittinggi, unsur Forkopimda, tokoh masyarakat dan ribuan warga Kota Bukittinggi. Acara Bukittinggi Bertakbir ditutup dengan pemukulan bedug oleh Walikota Bukittinggi, Kapolres Bukittinggi, Dandim dan Kakan Kemenag Bukittinggi. (AD)

Comments
Loading...