Resmi Ditandatangani, Dana Pilkada Palangka Raya Rp. 17,392 Miliar

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) –  Untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum kepala Daerah (Pilkada) Kota Palangka Raya pada 2018 mendatang, Walikota Palangka Raya, Dr. HM. Riban Satia menandatangani Naskah Hibah Perjanjian Daerah (NPHD).

Dalam naskah hibah tersebut Pemko menyerahkan dana sebesar Rp17,392 miliyar kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya, dimana melalui dana tersebut diharapkan persiapan tahapan pemilu dapat segera dilaksanakan.

“Dengan dana ini diharapkan persiapan pilkada dapat segera dilaksanakan oleh KPU. Semoga nanti pelaksanaan pemilu dapat berjalan lancar tanpa kendala,” harap Riban, usai menandatangani NPHD di Aula Peteng Karuhei I, Selasa (13/6) sore.

Dirinya juga meminta KPU membuat laporan keuangan untuk tiap tahapan, hingga saat pemilihan nantinya. Selain itu, dia juga berharap nantinya calon Walikota Palangka Raya dapat meneruskan program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang telah tersusun.

“Terserah nantinya mau dipoles seperti apa, yang penting jangan sampai keluar dari RPJMD,” tutur dia.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya, Eko Riyadi mengatakan anggaran pilkada yang dihibahkan ke pihaknya terbagi menjadi dua tahap. Tahap pertama dipenuhi di APBD perubahan 2017 dan tahap kedua dipenuhi saat APBD murni 2018.

“Dana Rp17.392.094.508 nanti dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama Rp4.400.000.000 dipenuhi dari APBD Perubahan 2017 dan tahap kedua Rp13.392.094.508 dipenuhi dari APBD Murni 2018,” jelasnya.

Dia berharap dengan dana yang telah disepakati tersebut setiap tahapan dapat berjalan mulus sesuai dengan agenda yang telah ditentukan.

“Oiya ini nanti pemilunya hanya akan dilaksanakan satu putaran berapapun selisihnya nanti tetap akan menjadi walikota,” tambahnya sembari meninggalkan awak media. (AF)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...