Puncak Persiapan, Tim Satgas Karhutla Kalteng Adakah Simulasi

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Pelaksanaan kegiatan simulasi penanggulangan bencana alam khususnya pada kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang dilaksanakan di Jl. Ir. Soekarno Kota Palangka Raya Jum’at (16/06), merupakan puncak acara kegiatan pelatihan yang di ikuti seluruh tim Satuan Tugas (Satgas) Karhutla 2017 dalam beberapa hari terakhir ini.

Latihan penanggulangan bencana alam ini merupakan langkah yang bersifat antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam, sehingga anggota Satgas Karhutla betul-betul siap untuk melaksanakan operasi bantuan penanggulangan bencana alam dan penanganan pengungsi serta bantuan kemanusiaan pasca bencana.

Hal inilah yang disampaikan Danrem 102/Panju Panjung, Kolonel. Arm. M. Naudi Nurdika dalam sumbutannya, latihan penanggulangan bencana alam yang baru saja dilaksanakan merupakan suatu momen yang sangat penting. Pasalnya selama mengikuti latihan semua tenaga, pikiran dan konsentrasi para peserta terfokus pada latihan.

“Tapi semua pengorbanan ini tidak sia-sia karena saya yakin dan percaya kalau para peserta telah memiliki ilmu dan wawasan sebagai bekal dalam membantu pemerintah daerah melaksanakan penanggulangan bencana alam khususnya kebakaran hutan dan lahan di wilayah secara terpadu, terencana dan berkesinambungan,” jelas Naudi Nurdika.

Melalui latihan ini jelasnya lagi, telah diberikan berbagai macam gambaran permasalahan aktual tentang bencana alam  yang memerlukan pemecahan secara komprehensif dan terintegrasi. Dirinya mengharapkan kepada seluruh peserta agar materi yang telah diterima selama melaksanakan latihan.

“Bila terjadi bencana alam  koordinasi antara seluruh unsur terkait perlu dilakukan, sehingga kita senantiasa memiliki kesiapsiagaan dan mampu mendeteksi sedini mungkin segala perkembangan situasi. Kepada para pendukung, pembina, pelatih dan para peserta sekalian, saya sampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas kerja kerasnya sehingga latihan  ini dapat terselenggara dengan aman, tertib dan lancar.” ujarnya menambahkan.

Pantauan di lapangan kegiatan pada gladi lapangan terebut diikuti oleh seluruh personil Satgas Karhutla dilatih yang berjumlah 350 personil yang tergabung dari TNI, Polri, Kesehatan, Maggala Agni, Pol PP, dan TSAK dengan melakukan simulasi dari penggunaan alat, penanganan api, sampai dengan penanganan api ketika sudah dipadamkan.(arli)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...