PLN Sumbagut Jamin Tidak ada Pemadaman Saat Lebaran

MENARAnews, Medan (Sumut) – PLN Sumatera Bagian Utara sudah memiliki cadangan listrik memadai jelan puncak perayaan Idul Fitri 1438 H. Pihaknya juga menjamin tidak akan ada pemadaman saat perayaan itu.

Manager Distribusi PLN Wilayah Sumbagut Budiono mengatakan, saat ini pihaknya susah mendapat daya tambahan dari kapal pembangkut listirik Karadeniz Powership Onur Sultan. Daya yang dihasilkan adalah sebesar 240 MW.

“Karena itu, secara sistem, dari sisi pembangkit, kami jamin tidak ada pemadaman selama suasana perayaan Idul Fitri 1438 H,” katanya, Jumat (23/6/2017).

Dia mengatakan, pemadaman listrik terjadi karena adanya gangguan oleh beberapa faktor. Bisa karena dari sistem pembangkit ataupun sistem.

Dari sisi ini, PLN Sumbagut yang meliputi Sumatra Utara dan Aceh, sudah melakukan uji coba pasokan listrik dari kapal pembangkit dan saat ini sudah efektif berjalan.

Pada Selasa (20/6/2017), pukul 19.30 WIB, kapal pembangkit dibebani 161 MW dengan beban puncak sistem Sumbagut sebesar 1.936 MW. Adapun Sumut memiliki beban puncak 1.580 MW dan Aceh 356 MW.

Dari kondisi tersebut, lanjutnya, ada cadangan daya 205 MW dari pengoperasian kapal pembangkit. Selain itu, ada cadangan daya dari mesin yang siap beroperasi (reserve shutdown) sebesar 74 MW sehingga total cadangan daya menjadi 279 MW.

Cadangan daya yang memadai juga dimiliki sistem yang terisolasi di Nias yang disuplai pembangkit sendiri. Pembangkit di Nias memiliki kapasitas sebesar 53,85 MW dengan beban puncak hanya 27,3 MW sehingga ada cadangan 25,4 MW. (Yug)

Comments
Loading...