Peningkatan Pelayanan BPJS Kesehatan Jelang Mudik 2017

MENARAnews.com, Bali (Kota Denpasar) – Dalam rangka mendukung kelancaran peserta yang sedang mudik, BPJS Kesehatan membuka Posko Mudik selama 21-24 Juni 2017 di 8 titik wiIayah yaitu: Pelabuhan Merak Banten, Pelabuhan Gilimanuk Bali, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Terminal Pulo Gebang, Terminal Bungurasih Surabaya, Terminal Tirtonadi Surakarta, Stasiun Bandung Jabar, Stasiun Yogyakarta DIY. Pelayanan di Posko Mudik diantaranya : memberikan konsultasi kesehatan, menyediakan fasilitas rileksasi, melakukan pemeriksaan kesehatan sederhana, memberikan obat-obatan yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan, memberikan tindakan sederhana yang bersifat emergency, memberikan rujukan bilamana diperlukan dan melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Hukum dan Komunikasi Publik dan Kepatuhan Cab. Denpasar, Ni Putu Nina Nuryati di Kantor BPJS Cabang Denpasar, Kamis (15/6/2017).

“Tujuan penerapan kebijakan khusus dalam prosedur pe|ayanan kesehatan ini, tak lain adalah untuk memudahkan peserta dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang diperIukan. Dengan adanya kebijakan khusus tersebut, peserta JKN-KIS yang sedang mudik tetap bisa memperoleh pelayanan kesehatan, baik saat dalam perjalanan maupun saat telah sampai ke tempat tujuannya. Penerapan kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang dianut BPJS Kesehatan. Memberikan jaminan yang berkelanjutan meskipun peserta berpindah pekerjaan atau tempat tinggal dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” terang Ni Putu Nina Nuryati.

Lanjutnya, syarat mendapatkan pelayanan faskes tersebut adalah pastikan peserta selalu membawa Kartu JKN-KIS (KIS, BPJS Kesehatan, Askes, KJS. dan Jamkesmas). Pastikan kartu peserta tersebut masih aktif dan cek iuran peserta dapat dilihat pada website www.bpjss-kesehatan.go.id pada Menu “Cek Iuran Peserta” atau aplikasi “BPJS Kesehatan Mobile”.

Pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS pada saat Iibur Iebaran Tahun 2017 dapat dilakukan yaitu : dalam kondisi Emergency dimana untuk khusus gawat darurat (emergency), peserta dapat Iangsung dilayani di IGD Rumah Sakit terdekat sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dalam kondisi Non Emergency, peserta dapat langsung mendapatkan pelayanan di IGD Rumah Sakit yang bekerja sama untuk mendapatkan pelayanan medis dasar atau pelayanan non-gawat darurat di Unit Gawat Darurat. Pelayanan diberikan pada 19 Juni 2017 sampai dengan 2 Juli 2017.

Penting untuk diketahui pelayanan selama libur lebaran melalui BPJS Care Center 1500-400 yaitu : pendaftaran Peserta Baru (PBPU), pemberian informasi dan penanganan pengaduan (7×24 jam), konsultasi kesehatan (Senin – Jumat pukul 07.00-20.00), pelayanan administrasi kepersertaan (mutasi dan aktivasi), perhitungan denda pelayanan. Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan BPJS Kesehatan adalah aplikasi yang dibangun oleh BPJS Kesehatan, berfungsi sebagai media informasi bagi masayarakat ketika melakukan perjalanan mudik tahun 2017. Peserta JKN-KIS maupun masyarakat dapat mendownload aplikasi ini di melalui Google Play Store untuk Android Device. (NN)

Editor: N. Arditya

Comments
Loading...