Pemko Palangka Raya Siapkan Rp 1,3 Miliar Untuk Tutup Semua Lubang Jalan

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya berjanji dalam tahun ini perbaikan dan perawatan jalan bisa dirampungkan, termasuk menutup lubang-lubang di beberapa titik jalan di Palangka Raya dengan anggaran pemeliharaan sebesar Rp 1,3 Miliar dalam tahun 2017 ini.

“Saat ini PU melalui Bina Marga sudah melakukan penutupan lubang di beberapa ruas jalan dan ini akan berkelanjutan hingga tahun ini diupayakan rampung. Kita sudah anggarkan Rp 1,3 miliar,” ungkap Walikota Palangka Raya H M Riban Satia melalui Kepala Bidang Bina Marga PU Kota, Eko Subandrio, Kamis (15/06).

Eko menerangkan berdasarkan hasil perhitungan pihaknya, tercatat terdapat lubang di seluruh ruas jalan di Palangka Raya kurang lebih berkisar 50 titik, baik berukuran kecil, sedang maupun besar.

”Ini kita sudah bergerak di kawasan Bukit Keminting, terus nanti ke kawasan Pahandut, semoga tahun ini semua bisa rampung,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Eko, pihaknya juga masih melakukan fokus perbaikan di Kecamatan Jekan Raya dan Kelurahan Panarung. Dengan alasan karena jalan tersebut sering dilalui warga dan merupakan jalan vital dalam aktivitas masyarakat sekitar.

”Kita prioritaskan dahulu di kawasan pemukiman dan rawan lakalantas untuk perbaikan jalan,” ucapnya.

Eko menambahkan, tak sekedar perbaikan lubang di ruas jalan, pihaknya juga akan melakukan pengaspalan di ruas Jalan Temanggung Tilung. Meskipun hal itu akan dilakukan pasca lebaran, namun dipastikan tahun 2017 bisa diselesaikan.

Kata Eko, kelanjutan pengaspalan itu sudah dipastikan berjalan karena sudah ada pemenang tender dan pelaksana kegiatan. ”Semua sudah tinggal pelaksanaan di lapangan. Maka itu mungkin pasca lebaran ini pengaspalan di Jalan Temanggung Tilung Induk bisa dilaksanakan dan dipastikan 2017 ini rampung,” tegas Eko.

Ditanya terkait perbaikan jalan sebelum arus mudik, Eko menambahkan pemerintah kota sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan perbaikan jalan di titik-titik rawan kecelakaan. “Kita sudah koordinasi dan saat ini masih dalam tahap pengerjaan,” pungkasnya.(AF)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...