Pemkab Kapuas Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Pemerintah Kabupaten Kapuas dibawah kepemimpinan Bupati Kapuas Ben Brahim. Bahat merespon cepat musibah banjir yang merendam ribuan rumah warga di empat kecamatan di wilayah hulu Kabupaten Kapuas, dengan menetapkan status tanggap darurat bencana banjir.

Dengan ditingkatkannya status siaga bencana ke tanggap darurat bencana maka anggaran Belana Tidak Terduga (BTT) untuk pengadaan bantuan Sembako dan beras bagi korban banjir dapat direalisasikan oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas.

“Sekarang Pak Bupati sudah menetapkan status tanggap darurat untuk musibah banjir yang terjadi di empat kecamatan,” kata Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Sinaga, saat menggelar konfrensi pers, Panahatan Sinaga, Selasa (6/5/2017).

Empat kecamatan di wilayah hulu Kabupaten Kapuas yang diterjang banjir tersebut yakni Kecamatan Kapuas Tengah, Kecamatan Pasak Talawang, Kecamatan Mandau Talawang dan Kecamatan Kapuas Tengah. Adapun jumlah masyarakat yang terkena dampak banjir sebanyak 4.512 kepala keluarga (KK).

Menurut Sinaga, sapaan akrab Plt BPBD Kapuas, bencana banjir yang melanda beberapa desa di empat kecamatan tersebut telah membuat aktifitas perekonomian masyarakat terhambat, sehingga perlu menyalurkan bantuan khususnya untuk pemenuhan kebutuhan dasar para korban banjir seperti makanan, obat-obatan dan kebutuhan pokok lainnya.

Nah, menyikapi bencana banjir ini, BPBD Kapuas sendiri sebelumnya telah melakukan langkah-langkah, pertama dengan menurunkan beberapa orang personil BPBD untuk mengecek sekaligus mendata masyarakat yang terdampak akibat banjir dan selanjutnya melaporkan kepada Bupati Kapuas, termasuk melaksanakan rapat lintas SKPD serta menerima laporan dari masing-masing camat yang wilayahnya terkena banjir.

Berdasarkan laporan camat ada 4.512 kepala keluarga yang terkena dampak banjir dengan rincian di Kecamatan Kapuas Tengah ada 7 desa dengan jumlah kepala keluarga yang terkena banjir sebanyak 1.621 KK, Kecamatan Pasak Talawang 8 desa dengan jumlah KK 1.462 KK, Kecamatan Mandau Talawang 7 desa sebanyak 985 KK dan Kecamatan Kapuas Hulu sebanyak 455 KK yang terkena dampak banjir.

“Ini evaluasi akhir pada tadi malam dan Pak Bupati langsung menandatangani satu keputusan yaitu penetapan status tanggap darurat bencana banjir di wilayah Kabupaten Kapuas. Menanggapi SK Bupati itu kami dari BPBD sudah juga mengajukan bantuan dana BTT ke Pak Bupati dan beliau sangat merespon untuk segera direalisasikan bantuan untuk masyarakat yang terkena dampak banjir,” pungkas Sinaga. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...