Mofit : Bayar THR Harus Tepat Waktu

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saftono Subagio mengingatkan perusahaan yang ada di wilayah setempat, untuk membayar tunjangan hari raya (THR) bagi karyawan atau tenaga kerjanya sesuai ketentuan yang ada.

“Terkait tunjangan hari raya, maka sudah semestinya bagi perusahaan  wajib memberikan hak bagi karyawan sesuai ketentuan maupun tepat waktu ,” kata Mofit, Jumat (9/6).

Disebutkan, apabila mengacu dari Peraturan Pemerintah (PP) nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan, maka sangat jelas setiap perusahaan dituntut untuk melaksanakan kewajibannya memberikan dengan cara membayarkan tunjangan hari raya keagamaan tersebut.

“THR itu kan,  bila berdasar ketentuan harus diberikan kepada karyawannya, senilai besaran upah atau gaji yang diterima pegawai atau karyawan. Ini sesuai ketentuan PP nomor 78 tahun 2015. Jadi intinya sudah  ada penetapan dari ketentuan itu,” terang Mofit.

Bicara pemberian THR itu lanjut dia, tidak lain sebagai bagian dari perwujudan dan bentuk perhatian dari organisasi  yang bergerak dengan melibatkan tenaga kerja. Setidaknya sebagai cerminan untuk memberikan akses bantuan bagi karyawan atau pegawai yang akan merayakan hari raya keagamaannya.

Kenapa pemberian THR harus tetap waktu imbuh Mofit, hal itu bukan tanpa sebab. Pasalnya berbagai tingkat kebutuhan menjelang hari raya keagamaan sangat tinggi. Terutama dalam membeli berbagai kebutuhan komoditas sandang pangan dan lain sebagainya. Sebut saja pakaian, makanan dan minuman maupun dana penunjang dalam berbagai keperluan dilibur hari raya.

“Dengan begitu manfaat pemberian THR akan terasa sangat penting. Sebut saja ini bagian dari rasa berbagi kebahagian dan berkah,” cetusnya.

Orang nomor dua di Kota Cantik Palangka Raya ini pun berharap, agar setiap perusahaan yang ada dikota setempat dapat merealisasikan  pembayaran  THR dengan tepat waktu. THR yang dibayar tepat waktu, akan membantu karyawan atau pegawainya menyiapkan segala kebutuhan jauh-jauh hari . Sehingga waktu kegiatan untuk mengisi hari-hari libur dapat dimanfaatkan dengan maksimal baik bersama keluarga atau handaitaulan.

Disinggung apabila adanya perusahaan yang masih lalai dalam memenuhi kewajibannya itu, menurut Mofit setiap aturan tentu ada sanksi. “Saya pikir dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja sudah menyampaikan surat edaran berikut ketentuan dan sanksi,” tutupnya.(AF)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...