Memasuki Tahapan Pilkada Kapuas, KPU Gencar Lakukan Sosialisasi

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Memasuki tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Kapuas tahun 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) gencar melaksanakan kegiatan sosialiasi.
Menurut Ketua KPU Kapuas, Bardiansyah, dalam tahapan sosialisasi pelaksanaan Pilkada Kapuas, ada beberapa yang mereka sosialisasikan pertama tentang peraturan KPU, tentang pendaftaran calon perseorangan/indpenden dan daftar pemilih, termasuk nantinya tentang kampanye.

“Jadi, ada tahapan-tahapannya, misalnya saat ini yang kita sosialiasikan adalah tentang daftar pemilih berkelanjutan baik ke sekolah tokoh agama, maupun kepada tokoh masyarakat,” katanya di Kuala Kapuas, Senin (26/6/2017).

Dijelaskan, Pilkada 2018 nanti, terdapat beberapa perubahan dari Pilkada pirode sebelumnya, salah satunya adalah tentang syarat calon pemilih dimana harus memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

“Kecuali memiliki e-KTP baru bisa dimasukan dalam DPT. Kalau pakai KTP sementara atau Suket, bisa, asal sudah dilakukan perekaman,” ujarnya.

Terkait hal ini, lanjut Bardiansyah, pihak selalu berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas.

“Setiap pergerakan pasti selalu kami kabarkan dengan Disdukcapil. Jadi, kami selalu intens koordinasi dengan Dinas Dukcapil Kapuas. Dan, informasinya sekarang sudah ada 293 ribu yang sudah perekaman KTP,” katanya.

Dengan demikian, bayangan jumlah pemilih Kapuas sementara ini sebanyak 293 ribu pemilih sesuai dengan KTP. Namun demikian, KPU Kapuas telah meminta dengan Disdukcapil data jumlah wajib KTP per Juni 2018. “Kami sudah minta dengan Disdukcapil data wajib KTP per Juni 2018, makanya kami mengestimasi jumlah pemilih kedepan sebanyak 314 ribu,” terang Bardiansyah.

“Kenapa jumlahnya segitu, karena kami minta dengan Dinas Dukcapil umur yang sampai 17 tahun per 27 Juni, karena 27 Juni 2018 pemilihan. Nah, kalau per Juni jumlah pemlih 313.490 yang wajib KTP. Makanya kami perkirakan DPT kita 314 ribu,” pungkasnya. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...