Portal Berita Online Indonesia

Lima Poin Deklarasi Masyarakat Kalteng Dedikasi Pada Pancasila

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Seluruh Komponen serta elemen masyarakat Kalimantan Tengah bersama-sama telah berikrar dan mendeklarasikan lima point pada peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017 di Monumen Tugu Soekarno Jl. S.Parmat Kota Palangka Raya beberapa hari lalu.

Lima poin deklarasi dimaksud yakni, pertama menjunjung tinggi Pancasila, UU 45, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Kedua menjaga kerukunan dalam kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Kalteng. ketiga mengedepankan sikap toleransi antar pemeluk umat beragama, ras, golongan dan penganut keyakinan di Kalteng.

Keempat bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Kalteng. Kelima menegaskan kembali bahwa Provinsi Kalimantan Tengah Bumi Tambun Bungai sebagai Bumi Pancasila. Hal tersebut merupakan suatu langkah yang tepat, bilamana melihat kondisi dan situasi Bangsa sekarang ini.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah H. Abdul Razak sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan pada peringatan momentum Hari Lahir Pancasila seperti kegiatan pembacaan ikrar atau janji dan deklarasi yang dibacakan secara bersamaan oleh seluruh masyarakat Kalteng.

“Kita sebagai Bangsa Indonesia telah mengikrarkan, Pancasila sebagai dasar Negara, pandangan Hidup Negara Indonesia. Sehingga dengan pernyataan seperti itu tidak boleh lagi ada orang atau sekelompok orang yang membicarakan Pancasila, apalagi mengubah (Pancasila. red) dengan ideologi lain,” tegas Razak.

Dirinya juga menegaskan, Kalimantan Tengah masyarakatnya sudah hidup rukun dan damai. Tentunya dengan filosofi “Huma Betang”, dimana suatu rumah yang besar berkumpul bersama tanpa memandang suku, agama, ras dan golongan.

Situasi yang demikian, lanjut Razak, tentunya harus dipertahankan hingga kapanpun sehingga persatuan dan kesatuan, serta kebersamaan masyarakat Kalteng selama ini tetap terjaga dan tidak ada hal-hal yang tidak dinginkan terjadi.

Disamping itu, Komando Resimen Mahasiswa Maharaya Kalteng Heru Setiawan berpendapat, secara integral, Pancasila yang di pandang sebagainya ideologi yang berfungsi antara lain memberikan norma-norma yang menjadi pedoman dan pegangan dalam berbagai bidang kehidupan.

“Baik itu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan termaktub dalam butir butir Pancasila serta UUD 1945. Komitmen inilah yang tercermin dalam sikap seseorang dengan keyakinan ideologinya sebagai ketentuan normatif” tutupnya.(arli)

Editor : Hidayat