Kuota Berkurang, Rastra Palangka Raya Capai 5.313 KPM

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Kuota beras sejahtera (rastra) atau yang dulu dikenal dengan sebutan beras miskin (raskin) untuk Kota Palangka Raya di tahun 2017,  mengalami penurunan.

Dikatakan Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Palangka Raya, Abramsyah, bahwa tahun ini kuota rastra  ada sebanyak 5.313 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di lima kecamatan yang ada di kota setempat.

“Lebih mengalami penurunan sedikit jika dibandingkan tahun lalu. Penurunannya berkisar hanya sekitar  225 orang. Adapun kuota rastra tahun ini diberikan berdasarkan data dari Kementerian Sosial yang berdasarkan data di muktahirkan dari Badan Pusat Statistik (BPS) setiap daerah,” ungkap Abramsyah.

Penurunan jumlah  KPM tersebut kata dia, lebih dikarenakan sebagian penerima beras rastra tersebut bukan tergolong orang yang dinilai tepat sebagai penerima bantuan bersubsidi dari pemerintah. Bisa saja perubahan status dari kehidupan yang kian meningkat.

Adapun lanjut Abramsyah, setelah menerima data kuota , pihaknya langsung mengajukan ke Wali Kota Palangka Raya untuk dibuatkan SK pagu rastra yang alokasi penerimaannya  sampai dengan  bulan Juni 2017. Setelah SK pagu turun langsung di bagikan ke kecamatan hingga sampai kelurahan.

Disebutkan untuk alokasi kuota penerima rasta masing-masing kecamatan, antara lain Kecamatan Pahandut sebanyak 2.271 KPM, Kecamatan Sebangau sebanyak 732 KPM, Kecamatan Jekan Raya sebanyak 1.224 KPM. Lalu

Kecamatan Bukit Batu sebanyak 844 KPM dan kecamatan Rakumpit 242 KPM.

“Masing-masing kepala keluarga (KK) akan mendapatkan 1,5 Kg/bulan. Namun saat ini terhitung 6 bulan yang belum diterima KPM, karena keterlambatan penyaluran. Berarti setidaknya 90 Kg akan diterima setiap KK selaku KPM,” jelas Abramsyah.(AF)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...