Keseluruhan Perusahaan di Kab. Mura Sudah Bayarkan THR

MENARAnews, Puruk Cahu (Kalteng) – Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Murung Raya, M. Syahrial Pasaribu menyampaikan bahwa sampai saat ini seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Murung Raya telah memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) tahun 2017 kepada karyawannya.

“kalau untuk THR semua perusahaan yang beroperasi di daerah ini sudah  menyalurkan ke karyawannya, data tersebut didapat dari laporan dari seluruh perusaahaan yang ada baik itu melalui Surat, What App(WA), Short Message Service (SMS), ataupun telepon,” ujarnya.

Dimana, kata Syahrial, pemberian THR tersebut sesuai dengan Surat Edaran Bupati Murung Raya No: 568.HI/152/DSTT tentang pembayaran THR keagamaan selambat-lambatnya H-7 sebelum Idul Fitri dan himbauan memfasilitasi mudik lebaran.

Sesuai dengan peraturan menteri ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2016 besarnya THR diatur pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja 1 (satu) bulan secara terus menerus tapi kurang dari 12 bulan, maka THR yang diberikan secara proporsinal sesuai dengan masa kerja.

Apabila penetapan THR keagamaan berdasarkan perjanjian kerja, peraturan perusahaan, perjanjian kerja bersama atau kebiasaan yang sering dilakukan lebih besar dari nilai THR keagamaan, dan perusahaan wajib untuk membayar THR tersebut.

Selain itu, lanjut Syahrial lagi, perusahaan yang terlambat membayar THR keagamaan akan dikenakan denda sebesar 5% (lima persen) dari total THR keagamaan yang harus dibayar sejak berakhirnya batas waktu kewajiban pengusaha untuk membayar.

“pengenaan denda ini tidak akan menghilangkan kewajiban pengusaha untuk tetap membayar THR keagamaan kepada pekerja.buruh,denda dimaksud dikelola dan dipergunakan untuk kesehjateraan pekerja yang diatur dalam peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama,” tandasnya (adr)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...