Kementerian Perdagangan RI Sediakan Paket Sembako Murah di Palangka Raya

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Dengan tujuan meringankan masyarakat khususnya yang tidak mampu memperoleh sembako dengan harga yang murah, serta memberikan contoh kepada stakeholder untuk melakukan hal serupa, pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan RI kembali mengadakan program kegiatan pasar murah di Kota Palangka Raya, tepatnya Pondok Pusantern Salafiah Iqra, Kamis (15/06).

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan juga melakukan kegiatan pasar murah ramadan di Kabupaten Kapuas tepatnya di Pondok Pesantren Fajar Islam Desa Basarang, dan sembako yang dibagikan juga berjumlah 500 (Minyak Goreng 5 liter, 2 bungkus tepung dan sirup.red) paket dengan harga per paketnya hanya Rp. 50 ribu. Sementara jika dibandingkan dengan harga normal satu paket bisa mencapai Rp.109 ribu.

“Sebenarnya kita menginginkan agar pelaku usaha atau investor yang ada di Kalimantan Tengah ini melakukan hal yang sama seperti ini, sehingga masyarakat khususnya warga sekitar dapat terbantu dengan kondisi ekonomi mereka yang serba berkecukupan,” jelas Kasubdit Barang Penting Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Kukuh Sri Harjanto.

Ia juga menyampaikan, program kegiatan pasar murah ramadan ini merupakan kali pertama dilakukan oleh Kementerian Perdagangan dimana 300 lokasi atau titik di seluruh Indonesia. Sementara kegiatan yang sudah dilakukan seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Kalimantan dimana selain sasaran ditempat pasar-pasar besar, tempat-tempat seperti pondok Pesantren atau panti asuhan juga tidak dari sasaran kegiatan.

Pihaknya juga akan memberikan komitmen kepada masyarakat, kedepannya akan menggandeng dan mengajak swasta maupun BUMN untuk melakukan hal yang sama. Tentu dengan kegiatan khususnya di Kalteng sendiri yang dilaksanakan di dua titik akan dijadikan bahan evaluasi kedepannya, sehingga tidak menutup kemungkinan akan mengalami penambahan lokasi di tahun berikutnya.

Disisi lain, Pengurus Pondok Pesantren Salafiah Iqra Umar Hasan ketika diwawancarai menaranews.com menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat yang menggadeng para pengusaha-pengusaha yang ada di Indonesia ini sangat disambut positif dan penuh apresiasi oleh masyarakat.

“Tidak hanya bisa membantu warga sekitar pondok pesantren saja, akan tetapi uang dari hasil pembelian kupon dari masyarakat disumbangkan untuk membantu pondok pesantren. Kita berharap kedepannya dapat dilakukan secara terus menerus, tentunya kita tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pelaksanaan kegiatan,” jelas Umar Hasan.

Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng Melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian mengucapkan banyak terima kasih atas kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Kementerian Perdagangan bekerjasama dengan pihak Indofood berupa kegiatan pasar murah ramadan yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

“Memang kemarin Pemerintah Daerah juga melakukan hal yang sama, hanya saja dilakukan di tempat-tempat seperti pasar dan sebagainya, tapi tidak melihat dan menyasar ke tempat-tempat pondok Pesantren seperti sekarang ini,” jelas Jenta Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalteng.

Dirinya berharap kegiatan ke depan tidak hanya dilakukan di dua daerah saja, akan tetapi dapat dilaksanakan di beberapa daerah lain yang ada di Kalteng.(arli)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...