Kapolda Sumbar : Personil Harus Tetap Waspada Selama Lebaran 1438 H

MENARAnews, Bukittinggi (Sumatera Barat) – Kapolda Sumatera Barat, Irjen. Pol. Drs. Fakhrizal, M.Hum berserta rombongan, Selasa siang (27/06) melakukan patrol peninjauan untuk mengecek aktivitas pos pelayanan mudik lebaran 1438 H di Jam Gadang Bukittinggi.

Dalam kesempatan tersebut, Irjen. Pol. Drs. Fakhrizal, M.Hum didampingi oleh Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, Wawako Bukittinggi, Irwandi, seluruh Kasat Polres Bukittinggi dan anggota Dishub Bukittinggi.

Peninjauan di Pos Pelayanan Jam Gadang tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapan personil dan peralatan dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menghadapi lebaran Idul Fitri 1438 H.

Menurut Kapolda, arus mudik dari Padang menuju Bukittinggi atau sebaliknya cukup padat. Oleh karena itu dibutuhkan pengamanan ekstra dari anggota. Disediakannya pos pelayanan dimaksudkan untuk mengantisipasi dan memberikan kenyamanan bagi pemudik. Kapolda mengharapkan masyarakat kota Bukittinggi untuk selalu menjaga keamanannya.

“Seperti kita lihat bersama sebagai daerah tujuan wisata, arus lalu lintas di Bukittinggi telah mengalami kemacetan, karena warga-warga di luar Kota Bukittinggi juga berlibur di Kota Bukittinggi, apalagi telah memasuki H+2 dan H+3,” ungkapnya.

Kapolda Sumatera Barat merinci bahwa terdapat 10 pos dan yang utama terdapat di Jam Gadang, karena merupakan pusat keramaian. Selain itu, pihaknya juga menekankan kepada seluruh personil untuk tetapa waspada dan berjaga-jaga terhadap segala perilaku mencurigakan dari pengunjung di Kota Bukittinggi. Hal tersebut untuk mengantisipasi adanya hal serupa yang sempat terjadi wilayah hukum Polda Sumatera Utara.

“Dengan adanya kejadian di Polda Sumatera Utara, supaya semua personil meningkatkan kewaspadaan dan jangan sampai terjadi di wilayah Sumatera Barat,” tambahnya.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias menjelaskan kondisi Kota Bukittinggi pasca lebaran 1438 H.

“Hari raya pertama dan kedua kebanyakan masyarakat Kota Bukittinggi merayakan Idul Fitri 1438 H dengan pergi ke kampung-kampung. Akan tetapi hari ketiga sudah mulai keluar, sehingga arus lalu lintas terlihat padat,” terangnya.

Selain itu, Wako Ramlan berharap kepada masyarakat maupun seluruh pengunjung Kota Bukittinggi untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas dan petugas lapangan selama melaksanakan mudik, sehingga tidak terjadi kemacetan yang luar biasa. (AD)

Comments
Loading...