Kantor Kemenag Pandeglang Antisipasi Timbul Intoleran Di Madrasah

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Data yang dimiliki Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pandeglang menunjukkan bahwa saat ini belum ada temuan tenaga pendidik yang menyebarkan benih intoleransi pada bidang pendidikan di Kabupaten Pandeglang.

Demikian dikatakan oleh Kelapa Kantor Kemenag Pandeglang Amin saat diwawancarai Wartawan MENARAnews diruangannya, (22/06/2017)

Ia melanjutkan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi penerapan Pancasila kepada seluruh jajarannya, mulai dari Madrasah hingga ke tingkat Penyuluh Agama.

“Kia juga punya Penyuluh Agama, harus bisa menyampaikan dalam rangka dakwah pembangunan yang harus membawa masyarakat kondusif. Jadi jangan sampai penyuluh kita justru malah ceramah menghebohkan masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, salah satu cara untuk meningkatkan toleransi di suatu wilayah, yaitu memiliki rasa kebangsaan yang tinggi. “Kebangsaan harus segera dirajut supaya pemahamannya tidak ada yang seperti itu (intoleran, pen), ini kewajiban Kementrian Agama dengan jajarannya harus mmbawa umat itu ke arah kekondusifan,” tuturnya.

Lebih lanjut Amin menambahkan, Kementerian Agama dan Kantor Wilayah (Kanwil) Provinsi Banten memberikan instruksi kepada Kantor Kemenag Pandeglang agar mensosialisasikan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

“Saya sudah menyampaikan kaitannya dengan penerapan Pancasila di sekolah-sekolah (Madrasah, pen), itu ada imbauan dari pusat,” pungkas Amin.

Saat ditanya terkait kendala dalam mensosialisasikan penerapan Pancasila, pihaknya mengakui hingga saat ini belum ada kendala karena hal tersebut sifanya pemahaman. “Saya kira bagi kita sifatnya penghayatan dan pengamalan. “Untuk sementara ini belum ada kendala yang berarti,” tutupnya. (IY)

 

Comments
Loading...