Jelang Mudik Lebaran 2017, Dishub Pandeglang “Jemput Bola”

MENARAnews, Pandeglang (Banten) –  Menjelang arus mudik lebaran 2017, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pandeglang, mendatangi Pool Pengusaha Otobus (PO) Asli Prima di Kecamatan Labuan, untuk memeriksa kelayakan sejumlah kendaraan yang akan beroperasi saat mudik mendatang.

“Menjelang arus mudik, mobil bus harus sehat, tidak boleh ada yang kecelakaan, pemeriksaan ini bukan hanya di pool saja, di pos-pos tertentu nanti juga ada”, ungkap Kadishub Pandeglang, Tata Nanjar usai melakukan pemeriksaan Bus Asli Prima, Sabtu siang. (10/6/2017)

Sementara itu, Penguji kendaraan bermotor Dishub Pandeglang Rendhy menuturkan, dalam pemeriksaan kali ini, dirinya memeriksa komponen-komponen kendaraan seperti lampu, rem, spion, KIR, dan surat-surat lainnya.

“Menjelang lebaran yah, kita akan terus melakukan pemeriksaan ke sejumlah bus lagi, minimal 3 kali sehari,” imbuhnya.

Kendaraan yang sudah diuji dan layak pakai, lanjut Rendhy, akan mendapat stiker dari Ditjen Perhubungan Angkutan Darat (Hubdar) dari Kementrian Perhubungan dan setiap kendaraan yang tidak ada stiker tersebut, dinyatakan tidak bisa beroprasi.

“Kebanyakan bus Safety Belt-nya (Sabuk Pengaman, pen) yang harus diganti. Itu ada 24 bus yang kita priksa, 19 bus dinyatakan lulus dan 6 bus dinyatakan menerima catatan khusus agar segera diperbaiki, supaya H-7 sudah siap,” terangnya.

Di tempat yang sama, Pengurus oprasiona Bus Asli Prima itu Cecep membeberkan, pihaknya akan segera memperbaiki sejumlah mobil yang dinyatakan mendapat catatan khusus dari Dishub. Dirinya juga akan memberikan sanksi kepada kondektur atau supir meminta tarif kepada penumpang yang tidak sesuai dengan aturan pemerintah.

“Sudah menjadi kebiasaan kita di setiap mobil yang kayak kita persiapkan untuk bantuan lebaran, dan itu (6 bus, pen) akan segera kita perbaikiz Iya kemarin sudah dipasang tarif oleh Dishub Pandeglang, akan ada sanksi berupa peneguran dan skorsing perusahaan terbuka bagi setiap laporan dari masyarakat, cuman laporannya harus akurat,” pungkasnya. (IY)

 

Comments
Loading...