Jelang Lebaran, Pemkot Bukittinggi Tinjau Pos Pengamanan Dan Fasilitas Umum

MENARAnews, Bukittinggi (Sumatera Barat) – Pemkot Bukittinggi yang dipimpin oleh Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias dan didampingi oleh Wawako, Irwandi, Ketua DPRD Bukittinggi dan unsur Forkopimda Kota Bukittinggi, melakukan peninjauan sejumlah tempat fasilitas umum serta pos pengamanan lebaran yang ada di sekitar Bukittinggi sebagai persiapan lebaran 1438 H, Kamis (22/6). Selain meninjau Wako dan rombongan juga membawa bingkisan dan minuman kaleng bagi personil yang bertugas.

Sejumlah tempat fasilitas umum yang ditinjau antara lain Pasar Atas, beberapa WC Umum seperti  di pelataran jam gadang dan di dalam pasar, area parkir di Masjid Raya, TMSBK Kinantan, Lobang Jepang dan Monumen Bung Hatta.

Wako Ramlan memulai peninjauan pos pengamanan dari Polres di Mandiangin dan Jam Gadang. Di Pos Pam Mandiangin terdapat 20 personil polisi yang bertugas ditambah 10 orang Pramuka. Sedangkan di Pos Pam Jam Gadang ada 20 personil polisi dan 16 orang Pramuka. Wako juga sempat meninjau Pos Pengamanan Dishub di Simpang Kangkuang. Disana ada 7 regu yang bergilir menjaga lalu lintas.

Kemudian, peninjauan dilanjutkan di posko PMI dan Posko Kesehatan di Pasar Atas. Selanjutnya rombongan bergerak meninjau pasar Atas, bahkan naik ke lantai dua. Tak luput dari tinjauan Wako beberapa WC Umum seperti di pelataran jam gadang dan di dalam pasar. Wako Ramlan menekankan kepada kebersihan fasilitas umum, sehingga menimbulkan rasa nyaman kepada para pengunjung. Hal tersebut mampu membuat citra baik Kota Bukittinggi sebagai Kota Wisata.

Sementara itu, Ramlan Nurmatias mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak parkir di sembarang tempat. Terkait lahan parkir, pihaknya akan menempatkan kendaraan pengunjung ke gedung-gedung yang telah disediakan. Ia menambahkan, akan mengawasi dan memantau petugas parkir di tempat itu. Untuk tarifnya, menyesuaikan dengan yang berlaku, yakni Rp 1000 untuk roda dua dan Rp 4000 untuk roda empat. Untuk itu, Pemkot menyediakan beberapa nomor yang dapat dihubungi masyarakat untuk pengaduan apabila ditemukan petugas parkir yang nakal, antara lain Dishub 081267459566, Tim Saber Pungli 08116605050, Kepolisian (0752) 31110, Tim SK4 081363493558

Wako juga melakukan Pos Pol PP di depan Jam Gadang dan Gedung Parkir Gloria. Sementara itu, Wako  menginginkan pos agar di cat dan diberikan pintu pembatas, sehingga masyarakat tidak terlalu bebas duduk-duduk di dalam pos. Setelah melaksanakan Shalat Zuhur di Masjid Raya, rombongan menuju TMSBK Kinantan, Lobang Jepang dan Monumen Bung Hatta.

Dalam kesempatan itu, Wako mengharapkan masing-masing personil pengamanan lebaran 1438 H dapat bersiaga dan cepat melakukan tindakan terhadap beberapa titik rawan kemacetan dari pantauan masing-masing pos. (AD)

 

Comments
Loading...