Jelang Lebaran, Ombudsman Kalteng Himbau Fasilitas Pelayanan Publik Berjalan Baik

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten Kota yang ada di wilayah Kalimantan Tengah diharapkan mampu memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa fasilitas pelayanan publik dapat berfungsi dengan baik khususnya menjelang lebaran Idul Fitri 2017.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Kalimantan Tengah, Thoeseng T.T Asang, bahwa dengan berfungsinya pelayanan publik yang baik, tentunya dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada pengguna pelayanan publik.

“Pelayanan Publik seperti infrastruktur jalan dan Jembatan, yang betul-betul harus diperhatikan. Masyarakat sudah membayar pajak, tentu merupakan hak mereka untuk mendapatkan pelayanan publik yang nyaman dan berkualitas dari Pemerintah Daerah melalui Instansi terkait.” jelas Thoeseng T.T Asang kepada menaranews.com, Minggu (11/06) di Palangka Raya.

Ia menginformasikan, Pada bulan Maret dan April 2017, Ombudsman RI Perwakilan Kalteng telah melakukan monitoring terhadap fasilatas layanan publik khususnya fasilitas infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah Barito, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat dan Gunung Mas.

Hasil monitoring lapangan tersebut lanjutnya, perbaikan fasiltas insfratruktur jalan dan jembatan saat ini sedang berlangsung, dari segi teknis pelaksanaan pekerjaannya tidak mengalami hambatan.

“Pekerjaan di lapangan sudah mencampai 50 sampai 60 persen, diperkirakan menjelang lebaran penyelesaian pekerjaan akan mencapai 80 sampai 90 persen,” paparnya menambahkan.

Berkenaan dengan perihal tersebut, Ombudsman RI Perwakilan Kalteng tentunya mengapresiasi kinerja para Instansi atau Dinas terkait dalam mengelola anggaran APBD/APBN untuk pembangunan infrastruktur fasiltas layanan publik benar-benar tepat sasaran dan efisien.

Khususnya dalam mengawal dan menyukseskan program NAWACITA dan program Kalteng Berkah terutama pada bidang pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan.

Selain dari pada infrastruktur jalan dan jembatan, pihaknya juga menghimbau kepada Dinas Perhubungan agar fasilitas angkutan darat, sungai/laut dan udara benar-benar dipastikan berfungsi dan berjalan dengan baik, agar masyarakat akan mendapatkan keamanan, kenyamanan dan kemudahan dalam mengakses sarana dan prasarana layanan publik tersebut.

Yang tidak kalah penting, tambahnya lebih dalam, pelaksanaan di lapangan semua instansi terkait harus bersinergi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, jangan menonjolkan ego sektoral dan ego instansi.

“Begitu juga saran, himbauan dan harapan kami kepada penyelenggara layanan publik di instansi/SKPD/Unit satuan kerja, pada bulan puasa tetap memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas bagi masyarakat,” tutupnya.(arli)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...