Jelang Lebaran, Dishub Tingkatkan Pengawasan Angkutan Feri

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas semakin peningkatkan pengawasan terhadap keberadaan angkutan feri penyeberangan yang beroperasi di daerah setempat.

Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan Kapuas, Untung Harianto, mengatakan, kegiatan pengawasan terhadap angkutan feri penyeberangan rutin mereka lakukan setiap hari. “Kami setiap hari turun kelapangan untuk melakukan pemeriksaan,” katanya di Kuala Kapuas, Jumat (23/6/2017).

Pemeriksaan dilakukan mulai dari kelengkapan perizinan feri, alat keselamatan dan juga kondisi kelaikan kapal feri itu sendiri. “Apabila tidak aman atau tidak layak jalan maka feri itu akan kita dok atau kita suruh parkir untuk tidak melayani penumpang,” ujarnya.

Menurut Untung, pengawasan ketat juga dilakukan Dishub pada angkutan feri penyeberangan Panamas, karena di sana pernah terjadi kecelakaan feri hingga menyebabkan beberapa orang korban tewas. “Kita tidak ingin kecelakaan feri terjadi lagi, sehingga harus benar-benar kita awasi,” katanya.

Seperti diketahui pada tahun 2014 lalu, sebuah kapal angkutan feri tradisional tujuan Kapuas-Panamas tenggelam di perairan Kapuas. Musibah itu terjadi lantaran feri kelebihan muatan. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...