Jelang Lebaran, Bulog Kalteng Datangkan 10 Ton Bawang Putih dan 6 Ton Daging Sapi

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Dalam upaya menjaga ketersedian 11 komoditi strategis yang sudah menjadi tugas tanggungjawab dari Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) berdasarkan Kepres 48 Tahun tahun 2016 diantaranya seperti beras, jagung, kedelai, daging sapi, daging ayam ras, gula, telur, cabai, tepung terigu dan minyak goren, Bulog Kalteng melakukan sejumlah upaya.

Untuk saat ini dari ke 11 komoditi pangan yang dikelola Bulog tersebut, khusus untuk di Kalteng sendiri baru bisa mengelola sebagiannya saja. seperti minyak goreng, gula, beras, bawang dan daging sapi beku. Berdasarkan informasi yang disampaikan, ketersedian komoditi yang dikelola hingga beberapa bulan ke depan aman.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pengadaan, Oprasional dan Pelayanan Publik Bolog Divre Kalimantan Tengah Muhammad Zaenal dalam rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kalteng senin (05/06) di ruang rapat Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Kantor Gubernur Kalteng Jl. RTA Milono Km.1 Kota Palangka Raya.

Zaenal menyampaikan, untuk stok minyak goreng di Kalteng sampai dengan saat ini lebih kurang 27.000 liter. Sedangkan untuk stok gula lebih kurang 344 ton, sedangkan untuk beras sendiri stok yang tersedia lebih kurang 7222 ton, dan untuk bawang putih, Bulog Kalteng sudah mendatangkan lebih kurang 1 ton.

“Bawang putih untuk 1 ton yang kita datangkan kemarin sudah habis, dan saat ini kita kembali mendatangkan 4 ton bawang putih dan sekarang ini sedang di perjalanan, setelah itu kita akan datangkan lagi 5 ton,” jelas Zaenal.

Sehingga bawang putih yang akan didatangkan ke Kalteng dalam waktu dekat Ini sekitar 10 ton. Sementara untuk daging sapi baik kerbau maupun impor, lanjutnya juga masih dalam perjalanan dan kabar terakhir sudah bongkar di pelabuhan Banjarmasin Kalimantan Selatan

Yang mana khusus untuk Kota Palangka Raya daging sapi khusus untuk daging sapi impor yang didatangkan sebanyak 3 ton dan daging kerbaunya sebanyak 500 Kg. Sementara untuk Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur (Sampit), total daging sapi yang didatangkan sebanyak 1,5 ton, dan Kotawaringin Barat 1 ton.

“Jadi rencana daging sapi maupun kerbau yang akan didatangkan ke Wilayah Kalteng totalnya ada sekitar 6 ton yang nanti akan dijual dengan harga Rp.80.000 per Kg,” tutupnya.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...