HUT Bhayangkara Ke-71, Polda Kalteng Silaturrahmi dengan Forkopimda dan Laksanakan Kegiatan Sosial

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Dalam upaya menjaga Keamanan dan Ketertiban di wilayah Kalimantan Tengah dan juga meningkatkan tali silaturrahmi serta komunikasi baik itu pada jajaran Forkopimda maupun kepada seluruh elemen masyarakat yang ada serta rangkaian kegiatan HUT Bhayangkara Ke-71 Polda Kalteng tahun 2017.

Berkenaan dengan hal itu, sejumlah rangkaian acara ataupun kegiatan dilaksanakan. mulai dari pelaksanaan kegiatan safari ramadan yang dihadiri langsung Jajaran Kepolisian RI diwakili langsung oleh Kepala Bidang Intelijen dan Keamanan Polri Komisaris Jendral. Lutfi Lubihanto beserta rombongan Jum’at malam (16/06) di Mesjid Nurul Islam Kota Palangka Raya.

Komisaris Jendral Lutfi Lubihanto saat diwawancarai ketika itu menjelaskan, dalam setiap kegiatan masyarakat yang berupa himbauan atau ajakan sentuhan dan sebagainya tercatat hampir 4700 kali kegiatan dilakukan per harinya dan urutan nomor dua tertinggi dari Kalimantan Tengah.

“Mudah-mudahan kedepannya bisa masuk peringkat pertama, tergantung Pak Kapolda sama Gubernurnya saja lagi. Kemudian secara suasana Kalteng kondusif. Kegiatan safari ramadan ini dimaksudkan dalam rangka mengisi Kegiatan di bulan suci ramadan, kita juga ingin bersama masyarakat memaksimalkan bulan suci ramadan untuk menjalankan ibadah dalam suasana yang tertib dan dinamis” papar Lutfi Lubihanto.

Disisi lain, Gubernur Kalteng, Sugainto Sabran menyampaikan terima kasih atas kunjungan Kapolri beserta seluruh jajarannya berkenan hadir di wilayah Kalimantan Tengah. Safari Ramadan tentunya bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi.

“Mudah-mudahan semua umat yang ada di Indonesia khususnya di Kalteng bersama-sama bersatu melawan yang mengarah kepada perpecahan atar anak Bangsa Indonesia, yang mana ada Organisasi-organisasi di luar dari bingkai Pancasila, masyarakat lah yang melawan karena kita tidak ingin adanya keretakan atar sesama saudara se tanah air,” tutup Sugianto Sabran.

Tidak hanya sampai di situ saja, Jajaran Polda Kalteng Sabtu (17/06) juga melaksanakan kegiatan aksi sosial Bakti Kesehatan kepada ratusan masyarakat khususnya warga di kawasan Pelabuhan Rambang Kota Palangka Raya seperti pengobatan, pelayanan KB, dan Khitanan, Bibir Sumbing, dan Katarak secara cuma-cuma bagi masyarakat yang kurang mampu. Selanjutnya juga akan dilaksanakan kegiatan anjangsana ke Panti Asuhan Ayah Bunda Palangka Raya.

Mengenai perihal kegiatan yang dilaksanakan, Kepolda Kalteng, Brigjen. Pol.Anang Revandoko menyampaikan, kegiatan Bakti Kesehatan ini bekerjasama Jajaran Polda Kalteng bersama Instansi lainnya seperti BKKBN, Dinas Kesehatan, Jasa Raharja Cabang Persero Kalteng.

“Pelayanan Kesehatan disasarkan kepada masyarakat yang mungkin belum tersentuh. Artinya kita lebih menggali lagi ruang-ruang yang belum tersentuh, karena kita ketahui kesehatan merupakan suatu hal yang paling utama,” jelas Anang Revandoko kepada awak media.

Hal ini jelasnya, merupakan salah satu bentuk inisiatif yang dilakukan oleh jajaran Polda Kalteng untuk lebih pro aktif lagi mendatangi masyarakat untuk memberikan pelayanan yang lebih maksimal, dan bukan arah sebaliknya sebaliknya. Kegiatan sosial tersebut diakui tidak hanya dilakukan di daerah perkotaan saja, namun direncanakan akan dilaksanakan di tingkat Desa.

“Dan seterusnya akan menyasar ke Desa-Desa yang belum tersentuh. Sehingga pada akhirnya nanti semuanya akan merasakan hal yang sama. Tiap-tiap Polres yang ada di Kabupaten/Kota juga melaksanakan kegiatan yang sama yakni Bakti Kesehatan gratis. Kegiatan seperti ini akan rutin dilaksanakan tiap tahunnya, tentunya harus dilakukan evaluasi secara terus menerus guna peningkatan,” tutupnya.(arli)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...