Hari Lahir Pancasila, Pemuda Palangka Raya Laksanakan Aksi Damai

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) Momentum hari lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni di jadikan sebagai ajang dalam berbagai bentuk kegiatan, baik itu kegiatan silaturrahmi maupun kegiatan dalam bentuk penyampaian aspirasi atau tuntutan dalam aksi unjuk rasa damai seperti yang dilakukan oleh sejumlah Pemuda di Kota Palangka Raya di Gedung DPRD Provinsi Kalteng, Jum’at (02/06).

Puluhan pemuda-pemudi yang mengatasnamakan dirinya Aliansi Pemuda Peduli Pancasila ini membetangkan spanduk yang berisikan tuntutan yang disampaikan kepada Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalteng, diantaranya menegaskan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa, tanamkan pendidikan inklusif di sektor pendidikan keagamaan.

Tidak hanya itu, pemuda yang juga merupakan Mahasiswa ini juga menuntut agar Pemerintah wajib berperan meningkatkan Pendidikan Berbasis Pancasila, menuntut agar Pemerintah untuk melibatkan media dalam menjaga Kebhinnekaan, serta melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam pelatihan kebangsaan, dan tak kala penting yakni menutup kran-kran Kapitalis.

Novia Atventi Putri dalam press release menjelaskan, Pancasila merupakan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan juga sebagai pedoman dan juga paradigma reformasi pendidikan. Indonesia adalah Negara Kesatuan yang dimiliki banyak orang, sebagai rumah besar yang melindungi setiap suku, agama, ras maupun golongan.

“Perjuangan dan sejarah Bangsa ini tidak hanya ditorehkan oleh satu golongan saja, tapi dirajut oleh semua elemen Bangsa yang sadar terhadap penindasan. Kita semua yang merupakan anak Bangsa, wajib berperan dalam membangun serta merawat keharmonisan rumah besar kita,” jelas Novia.

Menanggapi hal tersebut, salah satu Anggota DPRD Provinsi Kalteng, H.M Fahruddin ketika melakukan pertemuan dengan Aliansi Pemuda Pembela Pancasila di ruang rapat gabungan DPRD Provinsi Kalteng menyambut baik aspirasi yang disampaikan oleh Mahasiswa tersebut.

“Kita tentunya selaku Perwakilan Rakyat akan melakukan upaya mewujudkan apa yang disampaikan oleh masyarakat, serta tentunya juga menerima masukan dan tuntutan yang sudah disampaikan, dan selanjutnya akan disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Kalteng melalui instansi terkait,” tutupnya.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...