Hari Lahir Pancasila, Masyarakat Kalteng : Kami Indonesia, Kami Pancasila

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Dalam momentum peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni, khusus di tahun 2017, dikemas dalam kegiatan silaturahmi dan deklarasi oleh komponen dan elemen masyarakat Kalimantan Tengah dengan mengangkat tema “Kemulian Bulan Ramadhan dan Semangat Isen Mulang, Kita Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Menuju Kalteng Berkah di Bumi Tambun Bungai Bumi Pancasila Provinsi Kalteng,” di Tugu Soekarno, Jl. S. Parman Palangka Raya, Kamis (01/06).

Kegiatan ini tentunya dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme serta rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Momentum kegiatan lahirnya Pancasila yang diselenggarakan tahun 2017, merupakan sesuatu yang instimewa, yang mana seluruh lintas agama, lintas adat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh kepemudan, dan elemen masyarakat Kalteng bersama dan bersatu dan melakukan deklarasi bahwa Kalteng adalah daerah yang menjunjung tinggi Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara.

Pantauan menaranews.com di lapangan, hadir pada kegiatan ini, Wakil Gubernur Kalteng Habib Said Ismail, Kapolda Kalteng Brigjen Pol Anang Revandoko beserta jajaran, Komandan Korem 102 Panju Panjung Kolonel Arm Naudi Nurdika beserta jajaran, Ketua DPRD Kalteng R. Atu Narang dan Wakil Ketua DPRD Kalteng Abdul Razak beserta anggota DPRD Kalteng lainnya, Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono beserta jajaran, Ketua KNPI Kalteng Fairid Naparin, serta elemen lainnya, dan ribuan masyarakat Kalteng.

Teriakan dan selogan “Kami Adalah Indonesia, Kami Adalah Pancasila, NKRI Harga Mati,” secara terus menerus dikumandangkan dan diteriakkan dengan lantang oleh masyarakat yang hadir ketika itu. Hal tersebut tentunya merupakan suatu penyemangat bagi seluruh komopenen dan elemen masyarakat bahwa Pancasila merupakan pemersatu seluruh warga Indonesia.

Tidak lupa iklar dekalarasi tentang Pancasila yang dibacakan langsung oleh Tokoh Pemuda Kalteng, Fairid Naparin mempertegas bahwa pertama, masyarakat Kalteng akan senantiasa menjunjung tinggi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kedua, Menjaga kerukunan dalam kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegari di Kalimantan Tengah.Ketiga, mengedepankan sikap toleransi antar pemeluk umat beragama, kesukuan, ras, golongan dan penganut keyakinan di Kalimantan Tengah,” Tegas Fairid diikuti oleh ribuan masyarakat yang hadir dalam acara.

Keempat, bersama-sama memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di Kalimantan Tengah. Kelima, menegaskan kembali Provinsi Kalimantan Tengah Bumi Tambun Bungai sebagai Bumi Pancasila.

Wakil Gubernur Kalteng, Habib Said Ismail ketika diwawancarai awak media menyampaikan, kegiatan ini merupakan suatu fenomena yang luar biasa, dan tidak lupa dirinya juga mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan yang dapat dikatakan baru kali ini dilaksanakan di Kalimantan Tengah khususnya di Kota Palangka Raya.

“Tidak lupa juga saya ucapan terima kasih banyak atas dukungan yang diberikan oleh seluruh pihak sehingga pelaksanaan kegiatan dapat terlaksana dengan baik, semoga acara yang dilaksanakan di bulan ramadhan ini bisa mempersatukan kita, mempererat persatuan dan kesatuan, serta Bangsa setanah air,” jelas Habib Said Ismail.

Disisi lain, Kepolda Kalteng, Brigjen. Pol. Anang Revandoko menyampaikan, Kalimantan Tengah memiliki filosofi “Huma Betang”. Dimana setiap suku agama, dan lain-lain dapat tinggal bersama-sama dalam satu tempat. Bahkan sejarah Kota Palangka Raya Bung Karno menancapkan tonggak pembangunan, yang mana juga diharapkan Kota Palangka Raya menjadi Tonggaknya Pancasila.

“1 Juni  2017 pertama kalinya bersama-sama seluruh masyarakat Kalteng memperingati hari lahirnya pemersatu Bangsa yaitu Pancasila. Ketika belajar kebangsaan dan persatuan, bisa Belajar di Kalteng dengan filosofi Huma Betang. Dan Insyaallah, kegiatan ini akan dilaksanakan setiap tahunnya,” tutup Anang Revandoko.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...