H-3 LEBARAN, WABUP DEMAK PANTAU POS PAM

MENARAnews, Demak (Jateng) – Wakil Bupati Drs. Joko Sutanto didampingi Sekda Demak dr.Singgih Setyono, M.Kes bersama Pejabat Forkopimda Kabupaten Demak melakukan pemantauan Pos Pengamaman (Pos Pam)  Lebaran tahun 2017. Pospam yang ditinjau meliputi Pospam Pasar Sayung, Pos Pam Onggorawe, Pos Pam Mranggen dan Pos Pam Karangawen, Rabu (21/6).

Wakil Bupati mengatakan, pemantuan dilaksanakan guna mengetahui secara langsung di lapangan tentang kesiapan petugas maupun sarana prasarana pendukung dalam mengamankan lebaran. Diharapkan dengan  adanya Pospam  maka perayaan  Lebaran  tahun ini  utamanya arus lalulintas dapat berjalan tertib, aman dan lancar.

“Setelah melihat langsung di lapangan, nampaknya baik petugas, sarana parasarana sudah siap untuk melaksanakan pengamanan Lebaran. Dengan demikian kondusifitas tetap bisa terjaga guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam berlebaran”, ujarnya. Ia juga menjelaskan bahwa harga sembako tetap stabil, harga cabe masih terjangkau.

“Puskesmas juga akan beroperasi selama 24 jam meliputi tiga shift. Untuk mengatasi KLB juga sudah siap. Ia menghimbau untuk ambulan supaya mesin dipanasi, bensin selalu penuh dan pengemudi standby di tempat. Untuk stok makanan dan BBM cukup, karena sudah disurvei dari Pertamina seminggu dua kali. Demak sudah siap termasuk infrastruktur pendukung di dalam termasuk jalan alternatif beserta petunjuk – petunjuknya”, tegasnya.

Sementara itu Kapolres Demak AKBP Sony Irawan mengatakan tujuan dari monitoring tersebut untuk memantau kesiapan Pos Pam selama melayani masyarakat. “Melalui monitoring ini kita dapat lakukan pembenahan jika ada yang kurang akan kita perbaiki dan kita benahi dalam ranga memberikan rasa aman bagi para pemudik selama lebaran,” ungkapnya.

Ditambahkan, pihaknya menghimbau bagi para pengguna jalan mulai dari pejalan kaki, kendaraan roda dua dan roda empat untuk mengedepankan keselamatan bersama, karena faktor yang kerap menjadi pemicu kecelakaan biasanya faktor kelalaian dari pada pengendara itu sendiri. “Selain berhati-hati kelayakan kendaraan juga harus diperhatikan jangan sampai dipaksakan karena hal itu akan menimbulkan malapetaka,” tandasnya.

Kapolres juga mengatakan bahwa untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik dan masyarakat yang sedang menikmati hari lebaran maka dibentuk Posko Pengamanan yang melibatkan personil dari Polres Demak, Kantor Kesbangpol dan Linmas, TNI, Satpol PP, PMI, Dishub, Tenaga Kesehatan dan Pramuka.

 

Sumber: Humas Pemkab Demak

 Editor: N. Arditya

Comments
Loading...