H-1 Jelang Lebaran, Begini Arus Lalin Bukittinggi

MENARAnews, Bukittinggi (Sumatera Barat) – H-1 jelang lebaran 1438 H, kondisi arus lalu lintas menuju Bukittinggi sudah mulai menampakkan peningkatan volume kendaraan. Hal tersebut terlihat dari Simpang Padang Luar menuju ke Simpnag Jambu Air dan Kota Bukittinggi.

Dari pantauan Menaranews, Sabtu (24/06), hingga pukul 17.00 WIB, kendaraan roda dua dan mobil pribadi mendominasi ruas jalan Simpang Padang Luar menuju Simpang Jambu Air. Namun demikian, arus lalu lintas masih terpantau lancar. Sementara itu, arus kendaraan di pusat Kota Bukittinggi masih lancar seperti biasa. Belum terlihat adanya kemacetan dan kepadatan kendaraan yang biasa terjadi menjelang Lebaran, seperti di Simpang Kangkung, Simpang DPRD, dan Jam Gadang. Hanya saja, terlihat beberapa penumpuakan kendaraan di arus utama dalam kota Bukittinggi karena antrian pengisian BBM.

Ditemui di Pos Pelayanan Jam Gadang, Kabag Sumber Daya Polres Bukittinggi, Kompol Desmentrial menjelaskan bahwa sampai dengan H-1 lebaran arus lalu lintas menuju Kota Bukittinggi terbilang lancar. Tidak seperti lebaran-lebaran sebelumnya, dimana H-1 lebaran sudah terjadi kemacetan.

“Perkembangan lalu lintas H – 1 menjelang lebaran 1438 H di sekitar Pasar Atas, Pasar Bawah dan Jam Gadang masih terlihat landai dan lancar. Biasanya di Kota Bukittinggi ketika telah memasuki H-1 lebaran kepadatan atau kemacetan kendaraan sudah terlihat. Selain itu, keramaian dan kemacetan lalu lintas biasa terjadi ketika H + 2 lebaran,” katanya.

Ia menghimbau kepada masyarakat apabila membutuhkan bantuan Polisi, khususnya terkait dengan kehiangan anak atau terkena copet, untuk segera melaporkan ke pos pelayanan. Selain itu untuk mengantisipasi kemacetan, Polres Bukittinggi belum menerapkan sistim buka tutup dikarenakan arus kendaraan yang belum terlalu ramai.

“Polres Bukittinggi belum melaksanakan sistem buka tutup mengingat arus kendaraan yang belum terlalu ramai dan masih dapat dikendalikan oleh petugas di lapangan. Sistem buka tutup rencananya akan dilaksanakan dari Simpang Padang Luar ke arah Simpang Jambu Air (Batas Kota),” tambahnya.

Di lain pihak, anggota Pos Pelayanan, Bripda Tesya mengatakan hal senada dengan Kompol Desmentrial. Ia menjelaskan bahwa situasi arus lalu lintas H-1 masih terbilang landai dan lancar.

“Seperti yang kita lihat sekarang, untuk situasi H-1 jelang lebaran di tahun 2017, arus lalin masih landai dan pengunjung masih dapat dikendalikan oleh petugas pengamanan. Sementara itu, arus lalu lintas dari arah Padang Luar menuju Jambu Air dan Kota Bukittinggi terlihat lancar meskipun volume kendaraan sudah mulai meningkat,” ucapnya.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dalam berlalu lintas, tetap memperhatikan keamanan dan berhati-hati terhadap copet, mengingat arus mudik yang sedang padat-padatnya. (AD)

Comments
Loading...