Gubernur Minta KBN 2017 Berjalan Sukses

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran meminta semua pihak termasuk masyarakat untuk mendukung suksesi pelaksanaan Kemah Budaya Nasional  (KBN) ke-8  yang  dilaksanakan di Kota Palangka Raya pada  17-23 Juli 2017 mendatang. Demi suksesnya  perhelatan bertaraf internasional tersebut, maka orang nomor satu di provinsi yang berjulukan Bumi Tambun Bungai itu mengharapkan semua tahapan persiapan hingga pelaksanaan dapat berjalan dengan baik.

Hal tersebut diutarakan Sugiantgo ketika menerima audensi Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia dan wakilnya Mofit Saptono Subagio serta jajaran panitia daerah pelaksana KBN  2017, Kamis (8/6), di Istana Isen Mulang.

Dalam pertemuan itu gubernur secara langsung menyampaikan sejumlah point penting yang perlu dicermati serta mendapat perhatian semua pihak yang berkompeten, antara lain infrastruktur jalan menuju lokasi  pelaksanaan dalam hal ini Bumi Perkemahan Kambariat Tuah Pahoe Kecamatan Sabangau Kota Palangka Raya.

“Ini mesti diperhatikan, akses atau pintu masuk menuju tempat pelaksanaan harus nyaman dilalui oleh semua peserta,” ungkapnya.

Selain itu lanjut dia, akses penunjang lainnya, mulai dari fasilitas tempat mandi, cuci hingga kamar mandi atau buang air kecil/besar (MCK). Kemudian ketersediaan listrik, sarana perkemahan hingga pasilitas perkemahan dapat terpenuhi dengan maksimal.

“Event ini akan diikuti setidaknya sembilan negara sahabat, karenanya fasilitas penunjang dilokasi benar-benar mampu diadakan sehingga peserta merasakan pelayanan yang diberikan tuan rumah,”cetus Sugianto.

Sedangkan yang tak kalah penting kata dia, eent yang digelar benar-benar dapat dimanfaatkan dengan baik, selain sebagai sarana memperkenalkan adat istiadat maupun budaya serta kearifan lokal di Provinsi Kalteng pada umumnya. Maka KBN menjadi ajang untuk mempromosilkan sektor kepariwisataan di Kota Palangka Raya.

“Potensi wisata yang ada dapat kita perkenalkan kepada semua peserta. Kami juga berharap para pelaku UMKM dalam hal ini usaha kuliner dapat mengambil bagian dari event ini, hanya saja harus tertata dan penuh keteraturan,” ujar Sugianto.

Menurut gubernur point-point penting dari kesiapan pelaksanaan KBN itu, semuanya dapat dikoordinasikan dengan baik antar lintas sektoral. Sebut saja kata dia, untuk infrastruktur atau akses jalan apabila masih terdapat banyak kekurangan, maka nantinya Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, ataupun  Dinas PU dan Tata Ruang   Kota Palangka Raya dapat dikoordinasikan dengan Dinas PU Provinsi sebagai  upaya menyelesaiakan tahapan tersebut. Begitu juga soal ketersediaan kelistrikan, perlu dirangkul pihak PLN.

“Intinya saya ingin sukses KBN dapat tercapai. Apalagi nantinya akan diikuti negara luar . Tentu keberhasilan menjadi bagian dari perwajahan Kalteng sebagai provinsi penyelenggara. Saya juga mengharapkan masyarakat di daerah ini dapat menunjukan keramahtamahan sehingga benar-benar terlihat cantik,”imbuh Sugianto.

Sementara Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia mengatakan upaya pemenuhan persiapan terus dilakukan panitia daerah KBN. “Berkaitan dengan sarana prasarana infrastruktur  telah mencapai 35 persen terutama dalam pengerjaan yang bersifat revitalisasi. Agar terpenuhinya akses infrastruktur yang baik, maka dirasa perlu dikoordinasikan lagi dengan Pemerintah Proinsi Kalteng termasuk melalui instansi teknis pemerintah provinsi. Koordinasi dan komunikasi ini penting dalam upaya suksesi penyelenggaraan,” ungkapnya.

Disebutkan Riban, pada perhelatan KBN tersebut setidaknya tidak kurang dari 11 Milyar dana diperlukan. Seiring dengan itu upaya mencapai target penyelesaian sejumlah pendukung maupun penunjang  diharapkan dapat selesai dengan waktu yang ditentukan terutama mendekati hari pelaksanaan.

Adapun dalam kegiata audensi itu tampak pula Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng Guntur Talajan dan Ketua Kwarda Kalteng Sipet Hermanto serta sejumlah  Kepala SKPD tingkat kota maupun provinsi lainnya.(AF)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...