Gelaran KBN, Palangka Raya Akan Tonjolkan Produk Khas Kalteng

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Gelaran Kemah Budaya Nasional (KBN) yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2017 mendatang menjadi wadah pemerintah kota (Pemko) Palangka Raya untuk menyajikan khas kalteng melalui produk UMKM.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Koprasi dan UMKM Kota Palangka Raya, H Afendie, bahwa dalam KBN nanti pihaknya akan bekerja sama dengan pemerintah Provinsi untuk menyajikan produk khas kalteng.

“Kita akan tonjolkan produk khas kalteng khususnya kota Palangka Raya, seperti kain batik, kuliner dan juga obat-obatan tradisionalnya, sehingga tidak kalah dengan daerah-daerah lain,” ucapnya saat dikonfirmasi diruangannya, Rabu (13/6).

Dia jua mengatakan, Dalam jangkan panjang pihaknya akan meminta kepada walikota untuk mengesahkan salah satu produk yang memang menjadi khas Kota Cantik Palangka Raya.

“Ada bebrapa produk yang akan diajukan menjadi khas Palangka Raya, seperti batik, kuliner, dan juga hasil UMKM lainnya, yang memang dihasilkan oleh asli masyarakat Palangka Raya,” harapanya.

Semua produk yang sudah disahkan, akan diperjuangakan untuk mengenalkannya kepada daerah-daerah lain, sapah satu melalui gelaran KBN mendatang.

“Produk yang memang nantinya sudah disahkan akan kita perkenalkan hingga ke daerah lain, salah satunya adalah melalui promosi yang akan diletakkan di bandara tjilik riwut yang baru sebagai buah tangan wisatawan yang sudah mengunjungi Kota Cantik,” pungkasnya.

Dia juga menambahkan, untuk jenis obat-obatan tradisional harus berkoordinasi dengan dinas kesehatan dan balai POM untuk memastikan bahan dan komposisinya aman untuk masyarakat luas.

“Kita akan saling berkoordinasi dengan bandara tjilik riwut, agar menyediakan tempat untuk memamerkan hasil UMKM, sehingga bisa menjadi buah tangan untuk wisatawan,” cetusnya.(AF)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...