Dishub Sumut Siapkan Ribuan Armada Jelang Mudik 2017

MENARAnews, Medan (Sumut) – Dinas Perhubungan Sumatera Utara telah menyiapkan ribuan armada bus untuk angkutan mudik.

 

Kepala Bidang Angkutan Darat Dishub Sumut Iswar menjelasnkan, pihaknya menyiapkan 1.101 unit bus dengan jalur Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP). Seluruh armada itu masuk melalui 118 perusahaan otobus.

 

“Untuk Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) kita sudah menyiapkan 615 unit bus dari 18 perusahaan otobus. Untuk arus mudik Lebaran kali ini diperkirakan ada kenaikan jumlah pemudik yang menggunakan transportasi bus, yakni lima persen,” ujar Iswar, Rabu (7/6/2017).

 

Nantinya, jumlah penambahan unit bus akan disesuaikan dengan perkembangan di lapangan. Selain peningkatan pengguna angkutan bus, peningkatan pemudik juga tampak pada moda transportasi lain.

 

“Untuk kereta api naik 10 persen, laut lima persen dan udara 15 persen. Sementara untuk angkutan darat sendiri kita menyiapkan AKDP bus 1.101 unit dengan seat tempat duduk 19.596. Terakhir, AKAP 615 unit dengan seat tempat duduk 24.600,” bebernya.

 

Pihaknya juga sudah melakukan pemetaan lonjakan penumpang. Nantinya Dishub Sumut akan berkoordinasi dengan pihak perusahaan jasa angkutan bus untuk mengoperasikan bus cadangan.

 

“Pengawasan terus kita tingkatkan, tentu penanganan berbeda dari hari biasanya. Tentu kita akan tekan pengawasan terutama kendaraan. Setiap kendaraan harus dicek,” kata Iswar.

 

Pihaknya juga akan memeriksa kesehatan sopir angkutan. Selain itu, tes urine juga akan diberlakukan. “Kita akan menggandeng BNN. Ini untuk mengurangi jumlah kecelakaan yang disebabkan faktor manusia,” pungkasnya. (yug)

 

Comments
Loading...