Dinas Perikanan Palangka Raya Ajak Masyarakat Kembangkan Aquaponik

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Dinas Perikanan Kota Palangka Raya terus melakukan terobosan dalam mengembangkan sektor perikanan yang ada di wilayah kota setempat. Selain selama ini gencar  membekali masyarakat dengan ilmu pengolahan ikan, kini Dinas Perikanan kembali mengajak masyarakat menerapkan sistem pembudidayaan ikan baru yang dinamakan ‘Aquaponik’.

Kepala Bidang Budidaya Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Lensi Asi mengatakan dalam budidaya ikan dengan sistem aquaponik nantinya akan memberikan banyak keuntungan. Selain menghasilkan ikan dari kolam, budidaya juga akan menghasilkan sayur ataupun buah-buahan.

“Caranya, pada sisi kolam ikan bisa diisi dengan pot yang berisi sayuran dan buah-buahan. Sehingga air limbah dari ikan dijadikan pupuk untuk menyirami tanaman tersebut. Terjadi sirkulasi otomatis yang saling menguntungkan,” terang Lensi, Rabu (21/06).

Dijelaskannya, semua jenis ikan air tawar dipastikan dapat dibudidayakan menggunakan sistem aquaponik tersebut. Pun demikian pihaknya kata Lensi menyarankan ada baiknya budidaya bibit unggul yang memiliki nilai ekonomi tinggi di pasar lebih mumpuni dikembangkan pada sistem tersebut. Seperti ikan lele, ikan patin, ikan nila, ataupun ikan mas.

Sedangkan untuk sayur lanjut dia, pihaknya menyarankan ditanam tanaman yang dapat menghasilkan batang dan daun yang dapat di konsumsi. Sebut saja seperti kangkung, selada dan sayuran sejenisnya.

Selanjutnya untuk kategori buah, Lensi menyarankan tanaman semusim yang dapat menghasilkan buah. Mulai dari cabai, terong, tomat dan buah lain.

Lensi menerangkan, penerapan sistem aquaponik juga memiliki banyak keunggulan, mulai dari hemat air maupun lahan serta ramah lingkungan, daya tampung yang lumayan banyak, serta dapat diaplikasikan dimana saja. Baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi.

“Sistem ini juga fleksibel bisa diterapkan dalam skala rumah tangga maupun usaha industri,” tegasnya.

Sistem aquaponik sendiri, tambah Lensi telah sukses diterapkan di tiga titik Kota Palangka Raya, yakni di wilayah Kecamatan Bukit Batu, Kecamatan Sebangau, dan Kecamatan Jekan Raya.

“Jika mau lihat contohnya maka Kantor Kecamatan Sebangau telah melakukan budidaya ikan sistem aquaponik,” tutupnya.(AF)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...