Dinas Kesehatan Pastikan Pelayanan Kesehatan Tetap Buka 24 Jam Saat Lebaran

MENARAnews, Tubaba (Lampung) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulang Bawang Barat, memastikan sejumlah puskesmas rawat inap, rawat jalan dan Rumah Sakit tetap beroperasi selama libur Idul Fitri 2017.

“Sesuai himbauan Kementerian Kesehatan RI, selain rumah sakit pemerintah, puskemas rawat inap juga tetap buka selama 24 jam,” kata Sekretaris Dinkes Tubaba Majril, kepada MENARAnews, Selasa (20/6/2017).

Pihaknya juga sudah menginstruksikan kepada seluruh pimpinan puskesmas dan Rumah Sakit di jajarannya, untuk menyusun jadwal atau daftar piket petugas pada tempat dan unit kerjanya masing-masing.

“Petugas medis yang bertugas di puskesmas diharapkan selalu berkoordinasi dengan petugas medis yang bertugas di Pos Pengamanan Lebaran terdekat,” ujar Majril.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menempatkan petugas paramedis dan dokter di posko pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini yang ada di Kelurahan Mulya Asri.

“Posko tersebut kita tempatkan satu dokter, dua perawat dan satu ambulance, untuk melayani pemudik yang butuh pelayanan,” ungkapnya.

Pelayanan kesehatan di posko tersebut katanya, hanya bersipat penanganan pertama. Jika pasien kondisinya diperkirakan harus dirawat, maka pasien akan dirujuk ke rumah sakit.

“Penempatan di posko ini nantinya pada H-7 sebelum lebaran, hingga tujuh hari usai Idul Fitri (H+7) pada arus mudik dan balik lebaran,” tutup Majril. (JE/RZ)

Comments
Loading...