DAD dan Batamad Palangka Raya Akan Nyatakan Sikap Menolak Ormas Anti Pancasila, Intoleran, dan Radikal

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Palangka Raya menyatakan sikap bahwa mendukung program pemerintah pusat yang menolak organisasi yang mau menggeser ideologi negara Pancasila. Hal ini dibahas dalam rapat DAD Kota Palangka Raya yang dihadiri oleh Ketua DAD dan Ketua Batamad Palangka Raya beserta wakil dan seluruh anghota DAD dan Batamad Kota Palangka Raya.

Ketua harian DAD Kota Palangka Raya, Mambang Tubil mengatakan pengambilan sikap dalam menentang radikalisme dan tindakan intoleransi oleh ormas anti pancasila dinilai sudah sesuai dengan falsafah “Huma Betang” yang ada di Kalimantan Tengah, Baik menyangkut agama dan budaya dalam menjaga keamanan dan ketentraman masyarakat Kalteng dan keamanan negara.

“Ada 4 pernyataan sikap yang dihasilkan dari hasil diskusi diantaranya yang terpenting adalah, mendukung pemerintah menolak ormas atau organisasi yang menyimpang, menolak ormas dan organisasi yang akan menggeser ideologi Pancasila, mempertahankan 4 pilar kebangsaaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, serta mempertahankan 4 pilar Filosofi Huma Betang yang terdiri dari Kejujuran, Kebersamaan, Kesetaraan, dan Ketaatan terhadap hukum,” terangnya saat berdiskusi, Kamis (08/06) sore.

Dia mengatakan bahwa penyataan sikap tersebut terlebih dahulu akan disampaikan kepada Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, dimana prosedur harus menyurati di tingkat satu.

“Setelah nantinya disahkan pernyataan sikap tersebut akan segera dipublikasikan kepada Masyarakat, agar semua mengetahui bahkan pemerintah mengetahui,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Batamad Kota Palangka Raya, Damo Tanggan mengatakan, saat ini banyaknya aksi yang berusaha menggeser ideologi Pancasila, maka dari itu kita berupaya melakukan penguatan persatuan. Salah satu penolakan adalah kepada Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di Palangka Raya, karena pemerintah juga sudah menyatakan pembubaran HTI.

“DAD dan BATAMAD menyatakan sikap menolak keras adanya HTI dan organisasi radikal serta organisasi intoleran. Pernyataan sikap ini nantinya akan diberikan langsung kepada Gubernur, Polda, Polres, Korem, sebelum nantinya dipublikasikan kepada masyarakat,” bebernya.(AF)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...