Bupati Kapuas Lantik Empat Pj Kades

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat melantik empat Penjabat Kepala Desa di wilayah Kecamatan Mantangai, Senin (5/6/2017). Ke empat Pj Kades yang dilantik yakni Kades Katunjung, Apel. Kades Sei Ahas, Hendri, Kades Katimpun, Tomi dan Kades Manusup Hilir, Bambang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kapuas, Drs Ibak, mengungkapkan maksud dan tujuan dilaksanakannya pelantikan penjabat kepala desa yaitu sesuai Peraturan Bupati Kapuas Nomor 11 Tahun 2015, apabila terjadi kekosongan jabatan kepala desa sementara pemilihan kepala desa secara serentak belum dilaksanakan, maka diangkatlah penjabat kepala desa dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dianggap mampu memahami teknis pemerintahan.

“Dengan dilaksanakannya pelantikan ini diharapkan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di desa dapat berjalan dengan baik,” terang Ibak.

Sementara itu, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menyampaikan ucapan selamat kepada penjabat kepala desa yang dilantik. Ia mengatakan, sambil menunggu penjabat definitif, tugas Pj Kades yang dilantik yaitu mempersiapkan pemilihan kepala desa (Pilkades) yang akan dilaksanakan pada Juli 2017.

“Paling lambat Agustus, tetapi saya berharap pada Juli mendatang pemilihan kepala desa di seluruh wilayah Kabupaten Kapuas sudah tuntas semua,” katanya. Terkait dengan itu, Ben menuturkan, yang terpenting pada saat pemilihan siapapun yang terpilih, masyarakat harus mendukung dan ia berharap Pilkades ke depan harus kondusif, rukun dan damai.

Mantan Kepala Dinas PU Provinsi Kalteng ini mengaku, sengaja melantik Pj Kades di masing-masing desanya karena ia ingin mengetahui secara langsung kondisi desa sehingga menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah daerah.

Salah satunya, ia meminta kepada Camat Mantangai untuk menginventarisir desa mana saja yang belum memiliki hubungan telekomunikasi (BTS). “Saya ingin dari Mantangai sampai ke atas atau desa paling ujung masyarakatnya dapat menikmati komunikasi yang baik,” ucap Ben Brahim. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...