BPOM Uji Sampel Pangan Buka Puasa di Kapuas

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng)  – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Palangka Raya bersama tim terpadu Pemkab Kapuas, melakukan pengujian sampel pangan berbuka puasa yang dijual pedagang di sejumlah lokasi di Kota Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kamis (8/6/2017).  

Dari hasil uji sampel secara cepat yang dilakukan di mobil milik BPOM, tim  menemukan beberapa jenis makanan yang mengandung zat berbahaya bagi kesehatan. Kemudian makanan yang tidak layak konsumsi itu diminta untuk tidak dijual kembali oleh pedagang.

Kepala BPOM Palangka Raya Dra Trikoranti Mustikawati mengatakan, dari hasil temuan tersebut selanjutnya pihaknya memberikan pembinaan kepada pelaku usaha. “Bagi yang membuat sendiri pangan tersebut otomatis akan kita lakukan pembinaan bagaimana cara memproduksi pangan yang baik dan benar,” katanya.

“Termasuk, apabila pelaku usaha membeli di pasar kita juga akan berikan pembinaan, supaya tidak lagi membeli di tempat asal,” tambah Trikoranti kepada wartawan.

Ia berharap kepada para pelaku usaha yang memproduksi pangan sendiri agar produksilah pangan dengan baik dan benar, dengan menggunakan bahan tambahan pangan yang tidak membahayakan bagi kesehatan.

Sedangkan kepada masyarakat, Trikoranti mengimbau agar berhati-hati membeli makanan. “Kalau warnanya ngejreng melebihi warna aslinya perlu hati-hati, kalau ragu-ragu ya sudah tidak usah dibeli,” ujarnya. (irf)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...