Belum Setahun Menjabat, Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel Digantikan Irjen Pol Paulus Waterpau

MENARAnews, Medan (Sumut) – Belum genap setahun, posisi Kapolda Sumut yang saat ini dijabat Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel akan digantikan oleh Irjen Pol Paulus Waterpau.

 

Kabar penggantian Kapolda itu berdasar Surat Telegram kapolri yang beredar pada Jumat (2/6/2017). Dalam Surat itu, Rycko diangkat dalam jabatan baru sebagai Gubernur Akpol Lemdiklat Polri.

 

Sementara itu Paulus Waterpau sempat menjabat Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Wakabaintelkam) Polri. Jabatan itu ia duduki sejak 18 April 2017.

 

Paulus Waterpauw lahir di Fakfak, 1963, usia 10 tahun dia pindah ke Kota Surabaya. Dia menyelesaikan pendidikan di Akademi Kepolisian pada tahun 1987. Lulus Sespim, Paulus Waterpauw kembali ke tanah kelahirannya dan dipercaya menjabat sebagai Kapolres Mimika, saat di sana kerap terjadi perang suku.

 

Tidak lama setelah bertugas di Mimika, konflik dua warga pun reda. Dua tahun menjabat Kapolres Mimika, kemudian dipercaya menjabat Kapolresta Jayapura.

 

Paulus juga pernah menjabat sebagai Wakil Kapolda Papua periode 2011-2014, kemudian menjabat Kapolda di Papua Barat pada 2014-2015. Hingga menjabat sebagai Kapolda Papua periode 2015-2017.

 

Terkait pergantian di Polda Sumut, Kabid Humas Kombes Pol Rina Sari Ginting membenarkannya. Namun belum dipastikan kapan akan dilaksanakan serah terima jabatan.

 

“Memang betul ada mutasi di jajaran Polri, termasuk bapak Kapolda Sumut mutasi ke AKPOL,” kata Rina, Senin (5/6/2017).

Comments
Loading...